Kadis Sosial Pohuwato : Kesehatan Masyarakat Dijamin Pemerintah

Kesehatan Masyarakat
Bupati Pohuwato Saipul A Mbuinga (ketiga dari kanan) dalam agenda penandatanganan not kesepakatan dan rencana kerja PBPU Pemda UHC non cut off antara BPJS dan Pemkab Pohuwato. (Foto : Humas Pemkab Pohuwato)

Pojok6.id () – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pohuwato,┬áRamon Abdjul menyampaikan, jumlah kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui BPJS di Pohuwato capai 95 persen, sehingga warga dipastikan dapat mengakses layanan kesehatan secara gratis.

“Pohuwato sekarang sudah masuk UHC karena peserta PBI sudah mencapai 95,3 persen. Maka biaya kesehatan ditanggung pemerintah daerah, provinsi maupun pusat,” Kata Ramon Abdjul, Senin (22/8/2022).

Ia mengatakan melalui program ini, pemerintah daerah menjamin kesehatan setiap warga Pohuwato. Program itu, kata Ramon, sebagaimana tertuang dalam visi-misi Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga dan wakilnya dalam menggratiskan biaya kesehatan masyarakat.

Read More
banner 300x250

“Memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk kesehatannya, dan pemerintah wajib melayani kesehatannya dalam bentuk biaya,” Imbuhnya.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa rencana pemerintah, jumlah itu akan di tingkatkan pada tahun depan. Sehingga diharapkan, warga diminta melakukan cek data diri, apakah terdaftar dalam program JKN atau tidak.

“95,3 persen setara dengan 146 ribu penduduk. Tahun 2023 minimal 98 persen sudah dapat dijamin kesehatannya oleh pemerintah. BPJS kesehatan punya kewajibkan untuk melayani kesehatan masyarakat bila dia sakit. Karena iuran sudah dibayarkan,” Tutur Ramon.

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60