Mobil Akhirnya Bisa Sampai Ke Pinogu

Salah satu mobil jenis pickup yang akan digunakan untuk pekerjaan sejumlah proyek di Kecamatan Pinogu, Sabtu (21/7). Foto : Istimewa

– Sejarah baru bagi Kecamatan jelang peringtan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke 73, pasalnya sebuah mobil untuk pertama kalinya bisa masuk ke wilayah paling timur Provinsi Gorontalo tersebut.

Jika sebelumnya perjalanan ke Kecamatan Pinogu memakan waktu sekitar 10 jam jalan kaki atau 6 jam dengan menggunakan motor trail, kini sudah bisa ditempuh dalam waktu 2 hingga 3 jam saja.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, semua ini berkat kerja bersama. Jika dulu hanya bisa ditembus dengan jalan kaki atau ojek motor dengan biaya selangit, namun kini semua bisa direalaisasikan melalui pemanfaatan Dana Desa (DD), ALokasi Dana Desa (ADD), APBD Kabupaten, dan dana alternatif desa ekstrem.

Read More
banner 300x250

Menurut Hamim, dana alternatif itu merupakan penyisihan dari APBD kabupaten di luar Dana Desa dan ALokasi Dana Desa. “Dana afirmatif itu diprioritaskan desa untuk pembangunan jalan rabat beton,” sebut Hamim Pou, Minggu (22/7/2018).

Lebih lanjut Hamim menambahkan, di tahun 2018 ini Pemkab Bonebol akan kembali melanjutkan pembuatan jalan rabat beton ke Pinogu. Program ini sudah dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir, karena merupakan program tahunan Pemkab Bonebol.

“Untuk tahun ini kita juga menyiapkan satu unit escavator mini, yang bersiaga di sepanjang jalan menuju Pinogu,” tutur Hamim.

Sementara itu menurut Camat Bone Raya, Abdul Wahab Hadju, kehadiran dua unit mobil pick up tersebut akan digunakan untuk menunjang sejumlah proses pekerjaan proyek di Pinogu. “Mobil tersebut bisa tembus ke Pinogu memakan waktu sekitar 23 hari. Karena harus membersihkan, meratakan dan merapikan kondisi jalan yang terbilang ekstrim tersebut,” kata Abdul Wahab.

Dirinya menambahkan, dengan kondisi jalan yang ada sekarang ini, sudah banyak warga yang berdatangan ke Pinogu. “Bahkan ada yang naik motor biasa maupun motor matic sudah bisa sampai ke Pinogu, yang sebelumnya hanya bisa dilalui dengan motor modifikasi,” tutupnya. (rls/idj)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.