Sepak Bola: Salah Putar Lagu Kebangsaan Korsel Warnai AFC U-19

Petugas dari Indonesian Asian Games Organising Committee (INASGOC) memasang bendera Korea Utara di samping bendera Korea Selatan sebelum pertemuan Dewan Olimpiade Asia di Jakarta, 28 Juni 2018. Foto : istimewa

Bekasi – Para pesepak bola Korea Selatan tampak kebingungan saat lagu nasional Korea Utara berkumandang menjelang laga antara Korsel kontra Yordania dalam turnamen sepak bola yang berlangsung di Station Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Timnas sepak bola Korsel sudah berjajar rapi dengan tangan di dada, bersiap untuk mendengarkan lagu nasional. Namun, panitia bukan memainkan lagu kebangsaan Korsel, “Aegukga,” melainkan lagu nasional Korea Utara, kantor berita AFP melaporkan.┬áSeketika para pemain diam terpaku mendengarkan lagu kebangsaan Korut.

Pelatih Korsel kemudian memberitahu para panitia mengenai kesalahan lagu kebangsaan tersebut. Meski akhirnya lagu kebangsaan yang benar diputarkan, mereka mengajukan protes setelah pertandingan selesai pada Senin malam (22/10).

Read More
banner 300x250

Para pejabat sepak bola Korsel mengatakan pada Selasa (23/10) bahwa mereka akan mengajukan keluhan resmi dengan Konfederasi Sepak Bola Asia.

“Ini adalah pertama kalinya lagu kebangsaan Korea Utara dimainkan dan bukan Aegukga di pertandingan resmi internasional,” kata Asosiasi Sepak Bola Korea dalam pernyataannya.

Korea Utara dan Korea Selatan membentuk tim gabungan untuk beberapa acara di Asian Games dua bulan lalu, yang juga diselenggarakan di Indonesia. Tim basket putri gabungan Korsel-Korut berhasil mencapai final, namun kalah di tangan China.

Pada Olimpiade 2012, para pesepak bola putri Korea Utara meninggalkan lapangan menjelang pertandingan di Glasglow ketika mereka diperkenalkan di samping bendera Korea Selatan. [*]

Sumber Berita dan Foto : VoA Indonesia

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60