Bawaslu Tertibkan Baliho Para Caleg Yang Tidak Sesuai Ketentuan

Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang digelar oleh Bawaslu Provinsi bersama Kesbangpol dan Satpol PP, Selasa (23/10). Foto : istimewa

Gorontalo – Badan Pengawas Pemilu () Provinsi Gorontalo bersama Badan Kesbangpol, Satpol PP melaksanakan Alat Peraga Kampanye () milik peserta , yang tidak sesuai ketentuan.

Penertiban yang dimulai sejak pukul 08.00 wita, Selasa (23/10/2018) ini juga dilakukan secara serentak oleh Panwaslu di seluruh kabupaten kota hingga ke tingkat kecamatan.

Read More
banner 300x250

“Hari ini Bawaslu mulai dari tingkat provinsi hinga ke tingkat desa, bersama Kesbangpol dan Satpol PP melakukan penertiban APK yang dinilai tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Zaharudin Umar, Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, usai penertiban.

Zaharudin menambahkan, penertiban yang dilakukan ini berdasarkan pada 4 indikator yang ada dalam peraturan perundang-undangan. Diantaranya, APK seperti baliho, spanduk dan umbul-umbul yang kontennya bertentangan dengan ketentuan pasal 280 undang-undang nomor 7 tahun 2017.

“Kita juga menertibkan APK yang terpasang di tempat-tempat yang terlarang, seperti tempat ibadah, fasilitas pemerintah, sekolah, tempat kesehatan, dan lainnya,” lanjutnya.

Selain itu, Bawaslu juga menertibkan APK yang ukurannya tidak sesuai dengan batas maksimal yang diatur dalam PKPU. “APK yang dipasang diluar zonasi yang ditetapkan oleh KPU itu juga kami tertibkan,” tutupnya.

Bawaslu menyatakan terkait penertiban ini sudah dibahas dengan pihak terkait baik di Bawaslu maupun KPU. Penertiban Alat Peraga Kampanye ini rencananya akan dilaksanakan paling lambat selama dua hari. (idj)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

Related posts

banner 468x60