Rumuskan Rencana Pembangunan Industri Kabupaten, Pemkab Bonebol Gelar FGD

Asisten II Tanwir Ali saat membuka kegiatan FGD guna merumuskan Rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK) Bonebol tahun anggaran 2018, di Gallery Produk Unggulan Bonebol dan Pinogu Coffee, Kawasan Centre Point, Kamis (20/9). Foto : istimewa

Bone Bolango – Dalam rangka untuk merumuskan arah kebijakan dan strategi pembangunan di Kabupaten Bone Bolango, yang merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan penyusunan RPIK , pemerintah setempat melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan UMKM (Perindagkum) menggelar Forum Group Discussion.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gallery Produk Unggulan Bonebol dan Pinogu Coffee, Kawasan Centre Point, Kamis (20/9/2018) ini, dibuka secara resmi oleh Bupati Boen Bolango yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Tanwir Ali.

Read More
banner 300x250

Dalam sambutannya, Asisten II Bidang Ekonomi, Tanwir Ali mengatakan, kegiatan FGD ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan penyusunan RPIK Bonebol, yang tujuannya untuk merumuskan arah kebijakan dan strategi pembangunan industri Kabupaten Bonebol sesuai dengan misi pembangunan daerah ini.

“Tentu berpedoman pada Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN), Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP), Kebijakan Industri Nasional (KIN), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW),” kata Tanwir.

Ia juga menambahkan, tujuan lainnya dari FGD ini, yakni merumuskan indikasi program dan pentahapan perencanaan pembangunan industri Kabupaten Bonebol. “Kegiatan FGD RPIK Bonebol ini, merupakan langkah maju untuk Kabupaten Bonebol dengan menetapkan komoditi atau industri yang akan dikembangkan di tahun mendatang,” lanjutnya.

Untuk Bonebol sendiri, sesuai dengan kesempatan dalam forum koordinasi menghasilkan komoditi daerah, dan sudah ditetapkan bahwa komoditi Bonebol adalah aren atau gula aren. Selain itu, komoditi lainnya yakni Kopi Pinogu.

“Jadi dua komoditi ini yang coba kita akan kembangkan dan ini merupakan brand atau ciri khas kedepan sebagai industri Bonebol. Namun tidak menutup kemungkinan komoditi lainnya akan coba kita tampung lewat FGD ini, untuk dikembangkan juga,” tutup Tanwir Ali. (rls/idj)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

Related posts

banner 468x60