GORONTALO – Lokalate, brand kopi kekinian asli Indonesia mengadakan gerakan #SobatMelekInklusif yang bertujuan untuk mengajak anak muda Indonesia agar semakin melek dengan isu inklusivitas, termasuk difabel.
Melalui gerakan #SobatMelekInklusif, Lokalate berharap dapat membangun semangat inklusif di kalangan anak muda, serta meningkatkan kepedulian bagi teman-teman difabel yang terdampak pandemi Covid-19.
Brand Manager Lokalate Jesaya Christian menjelaskan, ada dua gerakan #SobatMelekInklusif. Pertama, yaitu program ‘Lokalate Inclusive Entrepreneurship’ yang merupakan program pendampingan bisnis dan mentoring bagi cafe-cafe difabel di Indonesia yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi corona.
Kedua, Lokalate juga mendukung kampanye crowdfunding ‘Ramadan Difabel Berdaya’, sebuah gerakan Top Up Donation berkolaborasi bersama Kitabisa.com dalam rangka Hari Donasi Online Nasional (Hardolnas) tahun 2021, untuk mengajak masyarakat berdonasi bagi teman-teman pedagang difabel.
Kata Jaseya, masa pandemi Covid-19 ini dampaknya yang sangat besar, termasuk bagi teman-teman difabel. Di masa penuh tantangan ini, Lokalate sangat terinspirasi dari semangat teman-teman difabel yang terus berusaha bertahan di masa pandemi.
“Dan inilah, mengapa kami tergerak untuk mengadakan gerakan #SobatMelekInklusif, untuk mengajak anak muda Indonesia menumbuhkan nilai-nilai inklusif dan peduli bagi teman-teman difabel dalam berbagai bentuk,” jelasnya.
Sejak awal tahun 2021, Jaseya menerangkan, Lokalate berkolaborasi dengan berbagai komunitas difabel dan menjalankan Inclusive Entrepreneurship Program bagi café-café difabel. Melalui pendampingan dan mentoring, dengan harapan teman-teman difabel bisa terbantu secara bisnis.
“Sehingga makin dikenal banyak orang dan membantu memulihkan kondisi ekonomi mereka, serta menginspirasi anak-anak muda untuk mendukung komunitas difabel di lingkungan mereka,”terangnya.
Kata dia, dukungan yang dilakukan Lokalate meliputi pendampingan dan mentoring sisi bisnis, manajemen operasi, service excellence, product development, promosi menggunakan media sosial, pendaftaran di aplikasi layanan pemesanan makanan minuman secara online, serta endorsement oleh influencer dan food blogger.(Aan)