TUK Bonebol Coffee Akan Gelar Pelatihan Barista

Sastra Putra Bilondatu, Ketua TUK Bonebol Coffee yang didampingi Manajer Mutu TUK Bonebol Coffee Denis S. Polapa saat memberikan pelatihan Barista, Jumat (6/7). Foto : Hms Pemkab Bonebol

Bone Bolango – Tempat Uji Kompetensi (TUK) Coffee Kabupaten Bone Bolango merencanakan dalam waktu dekat ini akan menggelar pelatihan sertifikasi profesi bagi para calon dan yang sudah menjadi Barista di Provinsi Gorontalo.

Sastra Putra Bilondatu, Ketua TUK Bonebol Coffee yang didampingi Manajer Mutu TUK Bonebol Coffee Denis S. Polapa yang juga seorang Barista Gorontalo mengatakan, pelatihan ini dilakukan dalam rangka menghadapi ASEAN Free Trade Area (AFTA), yang telah berlaku sejak tahun 2015 maupun Asean Economic Community.

Read More
banner 300x250

“Sudah saatnya melakukan pembenahan sistem pembinaan sumber daya manusia (SDM), yang berorientasi pada kebutuhan dunia kerja. Dengan demikian, tenaga kerja diakui kompetensinya oleh pihak industri, baik di dalam maupun luar negeri,” kata Sastra, yang ditemui di Gallery Produk Unggulan Bonebol dan Pinogu Coffee, Kawasan Centre Point, Jumat (6/7/2018).

Dia juga menambahkan, dalam era millenium ketiga terjadi hubungan antar negara dan interaksi antar bangsa yang semakin cepat, sehingga menyebabkan transparansi di segala bidang kegiatan sosial, ekonomi, pelatihan, pertahanan dan keamanan.

“Dalam kegiatan Iptek, terjadi kompetisi secara terbuka yang berpengaruh dalam peningkatan SDM Indonesia untuk menghadapi globalisasi,” lanjutnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, untuk meningkatkan SDM tersebut, maka TUK Bonebol Coffee Kabupaten Bonebol yang menjadi perpanjangan tangan Lembaga Sertifikasi Profesi Kopi Indonesia (LSP-KI), yang telah mengacu pada berbagai aturan perundang-undangan akan melaksanakan kegiatan sertifikasi profesi bagi para calon Barista maupun Barista melalui Uji Kompetensi Nasional (UKN) di Provinsi Gorontalo.

“Kegiatan pelatihan sertifikasi profesi ini penting, agar para calon Barista dan Barista di Gorontalo dapat memiliki kredibilitas yang tinggi, berkompoten di bidangnya, serta mampu bersaing dan berkompetisi diera globalisasi saat ini,” lanjutnya.

Disisi lain, Sastra yang telah mengantongi Sertifikasi Kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) maupun Lembaga Sertifikasi Profesi Kopi Indonesia (LSP-KI) menambahkan, TUK Bonebol Coffee merupakan satu-satunya tempat uji kompetensi di Provinsi Gorontalo.

“Di Indonesia hanya ada dua TUK, yakni TUK LSP Kopi Indonesia Jalan Raya Tengah No.18A Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta, dan TUK Bonebol Coffee, yang ada di Jalan.Prof.Dr.Ing.BJ.Habibie No. 1, Desa Iloheluma, Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bonebol, Provinsi Gorontalo,” tutupnya. (rls/idj)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.