Pojok6.id (UNG) – Tim Information Technology (IT) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) telah mengembangkan sebuah aplikasi video conference (Vidcon) yang diberi nama UNG Bekerja dari Rumah (UNG Berdarma). Aplikasi ini dikembangkan untuk mengoptimalkan pelayanan dan aktivitas yang bersifat penting lainnya di internal kampus menyusul adanya pemberlakuan pembatasan maksimal.
Bermodalkan server cloud dengan processor quadcore, memory 8 GB dan hardisk 200 GB serta teknologi BBB, Tim IT UNG mengembangkan sistem pekerjaan tatap muka online yang bisa digunakan 24 jam dengan berbagai room yang bisa digunakan oleh semua unit kerja di UNG.
Sebelumnya, Rektor UNG, Eduart Wolok telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 1421 tentang Pemberlakuan Kebijakan Bekerja dari Rumah (BDR) dan telah diperpanjang melalui SE Nomor 1521 Tahun 2021, tertanggal 30 Juli 2021.Pembatasan maksimal ini telah berlangsung lebih dari sebulan. Kendati aktivitas di kampus dibatasi dan sepi, kondisi ini tak harus membuat orang-orang jadi pasrah. Sistem pelayanan perguruan tinggi harus tetap berjalan.
Pada Rapat Pimpinan lingkungan UNG, Eduart menyampaikan bahwa terobosan dengan menghadirkan aplikasi Vidcon UNG Berdarma adalah untuk menjaga kondisi para dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa agar tetap bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.
“Untuk aktivitas yang bersifat urgent tetap akan kita laksanakan, dan pihak kampus juga menyiapkan berbagai aplikasi video conference baik yang diciptakan UNG dan juga aplikasi lainnya yang memiliki fungsi serupa,” Jelasnya.
Eduart juga mengatakan bahwa BDR yang sudah dilaksanakan seminggu ini, sudah mencapai 100 persen. Dimana hal ini juga untuk mensterilkan kampus, sekaligus penyemprotan disinfektan di lingkungan kampus UNG.
Selain UNG Berdarma, unit kerja lain seperti Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) juga telah menyediakan Sistem Informasi Pelayanan melalui website simpel.bakp.ung.ac.id untuk pelayanan akademik mahasiswa seperti pengajuan cuti kuliah.
Semuanya diproses secara online dari proses pengajuaan, disposisi dan penyelesaiannya. Begitu pula dengan layanan pengelolaan keuangan yang telah menggunakan Sistem Informasi Keuangan BLU UNG. Sementara itu untuk proses akademik lainnya seperti pengurusan KRS dan approval KRS sendiri telah lama diterapkan secara online di UNG. (Rls/Adv/Ryn)