Tekan Angka Korupsi Di Tingkat Desa, Pemkab Bonebol Gelar Pelatihan Paralegal

Camat Tilongkabila Marten Hunawa saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan pelatihan paralegal desa, di aula BPU Desa Mootilango, Selasa (18/9). Foto : istimewa

– Untuk memberikan bantuan hukum ke masyarakat desa yang masih awam soal praktik hukum, termasuk sebagai upaya pencegahan terhadap adanya kasus-kasus korupsi di tingkat desa, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melakasanakan pelatihan Paralegal.

Pelatihan Paralegal ini diikuti ratusan aparat desa, lembaga BPD, LPM, stakeholder, dan masyarakat di Desa Mootilango, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), yang dilaksanakan di Aula Balai Pertemuan Umum kantor desa setempat, Selasa (18/9/2018).

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, diantaranya Kanit Tipikor Polres Bone Bolango, Yahya Boudelo, Kasat Binmas Ahmad Rizak Daud, dan Kapolsek Tilongkabila Awad Katili.

Read More
banner 300x250

Camat Tilongkabila Marten Hunawa mengatakan, paralegal diperlukan untuk memberikan bantuan hukum ke masyarakat desa, yang masih awam soal praktik hukum. Termasuk, sebagai upaya pencegahan terhadap adanya kasus-kasus korupsi di tingkat desa.

Menurutnya, pelatihan paralegal pada kondisi saat ini sangat diperlukan untuk membekali masyarakat serta aparatur pemerintahan desa, dalam pengelolaan program dan keuangan desa.

“Pelatihan Paralegal ini untuk membantu aparat desa dan masyarakat umum dalam mengelola keuangan desa. Karena banyak aparat desa yang mengeluh, bila berhadapan dengan hukum,” ungkap Marten.

Marten juga mengungkapkan, pelatihan Paralegal ini selain untuk masyarakat, juga diperuntukan untuk aparatur desa. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya agar pemerintah desa lebih berhati-hati dan taat hukum.

“Kami berharap lewat kegiatan pelatihan paralegal ini, gangguan Kamtibmas di masyarakat dapat diminimalisir,” tutup Marten. (rls/idj)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60

Related posts

banner 468x60