Peringati Hari Lahan Sedunia Pemprov Gorontalo Gelar Penanaman Serentak

Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Bone Bolango (BPDAS), Heru Permana, saat melakukan penanaman serentak dalam rangka Hari Lahan Basah Sedunia 2024, di Desa Tongo, Kecamatan Bone Pantai, Kabupaten Bone Bolango, Rabu (7/2/2023).

Pojok6.id (Gorontalo) – Pemerintah Provinsi Gorontalo melaksanakan kegiatan penanaman serentak dalam rangka Hari Lahan Basah Sedunia 2024. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Tongo, Kecamatan Bone Pantai, Kabupaten Bone Bolango ini, di hadiri langsung oleh Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bidang Hubungan antar lembaga Pusat dan Daerah, Fahrizal Fitri, Rabu (7/2/2023).

Berdasarkan laporan Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Bone Bolango (), Heru Permana, menyebut bibit pohon yang ditanam pada kegiatan ini adalah bibit mangrove sejumlah 1200 Batang. Terdiri dari jenis Ceriops Tagal 700 batang dan Rhizophora sp sebanyak 500 batang.

Bibit ini berasal dari persemaian permanen BPDAS Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Penanaman dilakukan dengan pola rumpun berjarak dan pengkayaan. Sementara untuk lokasi penanaman merupakan lokasi kegiatan penghijauan lingkungan dan perlindungan pemukiman dari abrasi pantai di Desa Tongo.

Read More
banner 300x250

“Jadi, kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya pada tanggal 30 Desember 2023 dan 14 Januari 2024 kemarin. Upaya tersebut dilakukan sebagai langkah nyata untuk terus melakukan penanaman pohon di seluruh wilayah Indonesia sepanjang musim penghujan,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Gorontalo, Fayzal Lamakaraka, menjelaskan bahwa penanaman 1200 bibit mangrove ini bukan hanya mencegah terjadinya abrasi, tapi juga menjadi tempat penghidupan ikan-ikan. Tentunya ini akan meningkatkan proktivitas perikanan dan perekonomian masyrakat setempat.

“Kami selaku pemerintah di tingkat provinsi mengharapkan bahwa kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh, serta ajakan kepada masyrakat untuk mari kita sama-sama menanam dan memelihara tanaman ini. Karena hal ini sangat bermanfaat bagi kita, utamanya bagi masyarakat yang tinggal di kawasan ini,” tandasnya. (adv)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60

Related posts

banner 468x60