Pojok6.id (Kota Gorontalo) – Kantor Kelurahan Pulubala, Kecamatan Kota Tengah kini mulai menerapkan sistem pelayanan berbasis digital untuk masyarakat. Pelayanan berbasis digital mulai diterapkan, setelah secara resmi dilaunching langsung oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha (18/3/2022).
Lurah Pulubala, Rolin Kamali mengungkapkan bahwa program layanan berbasis digital di kelurahan ini mulai diterapkan Pemerintah Kota Gorontalo di sembilan kelurahan, yang diawali dari kelurahan Pulubala.
“Sekarang masyarakat sudah tidak perlu lagi datang ke kantor lurah untuk mengurus surat. Jadi dimanapun dan kapanpun Insya Allah kita akan standby, demi memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.
Lebih lanjut ia membeberkan alur penggunaan layanan berbasis digital dimulai dari masyarakat, kemudian ke ketua RT yang nantinya akan di Approve oleh operator kelurahan, dan setelah itu langsung akan ditujukan kepada kepala seksi dan lurah.
“Tentu kita tetap standby 24 jam, namun untuk progres suratnya itu keluar nanti bisa di ambil saat layanan di kantor lurah sudah dibuka, atau pas jam operasional kerja di kelurahan,” jelasnya.
Untuk aplikasinya sendiri, kata Rolin bisa diakses melalui PlayStore, dengan melakukan searching GoMT – Masyarakat Terpadu, atau juga bisa melalui berbasis website yaitu, digikel.gorontalokota.go.id.
“Semoga aplikasi ini dapat dipergunakan oleh masyarakat sesuai peruntukannya untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus surat. Dan dengan aplikasi ini kita juga berharap dapat meminimalisir terjadinya korupsi, karena tidak ada kontak langsung dengan petugas pemerintah kelurahan,” pungkasnya. (Ryn)