Kota Gorontalo – Event tahunan Studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Young and Creative sudah memasuki tahun ketiga. Untuk pelaksanaan kali ini, dikemas sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Untuk tahun ini Young and Creative rencananya akan digelar selama 3 hari, mulai besok Rabu hingga Jumat (12, 13, 14 Desember 2018), bertempat di Tenis Indoor UNG. Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya yang hanya digelar sehari, di ruangan tertutup.
Saat dikonfirmasi terkait kegiatan ini, Mohammad Reza, selaku panitia pelaksana mengatakan, memang untuk tahun ini konsep Young and Creative yang mengambil tema “Spirit of Innovations” ini dikemas dengan format yang berbeda, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
“Untuk tahun ini, kami menawarkan konsep dan format yang lebih fresh dan kekinian. Juga dengan durasi pelaksanaan yang lebih lama, yakni 3 hari, dimana 2 tahun pelaksanaan sebelumnya hanya satu hari dan berkonsep indoor,” kata Echa, sapaan akrabnya.
Perbedaan lainnya, lanjut Echa, adalah konten acara yang lebih beragam dan melibatkan sejumlah komunitas kreatif yang ada di Gorontalo, salah satunya komunitas band lokal Gorontalo Indie.
“Ada sejumlah komunitas yang kami gandeng dalam acara ini, salah satunya komunitas band lokal Gorontalo Indie yang akan tampil di hari pertama, dengan menampilkan sekitar 7 band,” lanjutnya.
Di acara ini juga, akan diisi dengan 2 Seminar Nasional, yang pertama tentang Konstitusi Komunikasi, yang menghadirkan pembicara seperti, Atwar Bajari, Dadang R Hidayat, Elnino M Husein Mohi, yang akan dipandu oleh Julianur Rajak Husain sebagai moderator.
“Dan untuk seminar yang kedua tentang Komunikasi Bisnis, dengan tema “Millenial Entrepreneur” akan menghadirkan pembicara yang berkompeten dibidangnya, seperti Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, Direktur Eksekutif IDB UNG Eduart Wolok, Content Creator Andika Gemintang, dan Vella Rodena,” ujar Echa.
Selain itu, dalam acara Young and Creative 3.0 tahun ini juga menghadirkan pameran selama 3 hari, dari mata kuliah yang ada di jurusan Ilmu Komunikasi seperti Jurnalisme TV, Design Komunikasi Visual, Dasar Jurnalistik dan Produksi Media, dan tentu saja beberapa komunitas kreatif yang terlibat dalam acara ini.
Selama tiga hari pelaksanaan acara ini, terbuka untuk umum alias gratis bagi siapa saja yang ingin hadir dan melihat langsung kreatifitas anak-anak Ilmu Komunikasi UNG. (idj)