Waspadai Bencana Kekeringan, Bupati Minta OPD Terkait Siaga 24 Jam

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin bersama Wakil Bupati terpilih Thoriq Modanggu. Foto : Dok. Hms Gorut

– Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengajak seluruh masyarakat untuk waspada dalam menghadapi musim kemarau berkepanjangan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ancaman bencana kekeringan di wilayah Kabupaten Gorontalo Utara sejak akhir bulan lalu.

Menurut Indra Yasin, dengan langkah antisipasi berdasarkan prakiraan Musim kemarau tahun 2018 yang di keluarkan pihak BPBD Gorontalo Utara, merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menangani permasalahan kekeringan disejumlah wilayah Gorontalo Utara.

Read More
banner 300x250

“Pemerintah Daerah melalui BPBD Gorut telah mengeluarkan peringatan dini, tentang bencana kekeringan di sejumlah wilayah kecamatan. Untuk itu saya menghimbau kepada sleuruh masyarakat agar lebih waspada terhadap cuaca kekeringan ekstrim yang terjadi dalam 2 bulan terakhir ini,” kata Indra Yasin.

Selain itu Bupati juga meminta kepada seluruh masyarakat agar berhemat dan cermat dalam penggunaan air, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk pertanian dan pengairan lahan.

“Yang perlu diwaspadai masyarakat akibat musim kemarau adalah selain kurangnya air bersih disejumlah wilayah, juga adalah terjadinya kebakaran baik rumah warga maupun kebakaran lahan hutan,” lanjut Bupati.

Selain itu melalui dinas terkait seperti DLH dan Pdam Gorut, akan dikerahkan untuk menyalurkan air bersih bagi sejumlah wilayah Kecamatan yang kekurangan air bersih.

“Begitu pula kegunaan air untuk pertanian, harus disesuaikan dengan tata dan pola tanaman. Petani diimbau untuk menggunakan bibit tanaman yang berumur pendek, tahan kekurangan air dan juga tahan dari serangan hama,” tutup Indra Yasin. (rls/idj)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

Related posts

banner 468x60