Permudah Informasi, Hamim Pou Canangkan Open Data Bone Bolango

Open Data Bone Bolango. Foto: istimewa

Pojok6.id () – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango mencanangkan platform yang dapat mempermudah masyarakat, untuk mengakses informasi mengenai data yang dimiliki Kabupaten Bone Bolango. Platform itu dinamai Bone Bolango.

Pencanangan Open Data Bone Bolango tersebut diluncurkan Bupati Bone Bolango, pada kegiatan Refleksi 12 Tahun Kepemimpinan Hamim Pou di Amfiteater Mall Pelayanan Publik Kantor Bupati Bone Bolango, Kamis (8/12/2022) malam.

Open Data Bone Bolango merupakan portal data akurat, yang menyediakan data dari seluruh dinas OPD di Kabupaten Bone Bolango. Data tersebut bisa digunakan masyarakat, baik untuk mahasiswa, peneliti maupun masyarakat yang ingin mencari informasi.

Read More
banner 300x250

Open Data Bone Bolango juga diluncurkan sebagai proses keterbukaan pemerintah Kabupaten Bone Bolango kepada masyarakat. Diharapkan open data tersebut, bisa membuat masyarakat lebih mudah mengakses data-data yang dikelola pemerintah.

Data sektoral kabupaten Bone Bolango bisa diakses melalui https://opendata.bonebolangokab.go.id/ yang berisi berbagai informasi OPD Kabupaten Bone Bolango yang terdiri dari 100 dataset, 7 infografik dan 30 organisasi.

“Dengan adanya open data ini, dapat mewadahi kemudahan akses data sektoral di kabupaten kita. Hanya bermodalkan handphone dan akses internet, dimana saja dan kapan saja tentunya dengan data akuntabel dan akurat,” ucap Hamim

Lebih lanjut Hamim mengatakan Open Data Bone Bolango juga digunakan , dalam mengambil segala bentuk kebijakan.

“Data ini sosoknya sangat penting dalam pengambilan kebijakan dan keputusan, maka dengan itu dibutuhkan kemudahan akses data tersebut,” ujarnya

Sementara itu Kepala Dinas Bone Bolango, Misnawaty Wantogia mengatakan, Open Data Bone Bolango juga merupakan upaya dalam meningkatkan indeks keterbukaan informasi publik, yang selaras dengan program nasional.

“Saya mengajak seluruh OPD untuk selalu berkaloborasi dalam mengoptimalkan portal data di Bone Bolango,” tandasnya. (Adv)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60