Peringati HPSN 2023, Hamim Pou: Sampah Tanggung Jawab Bersama

Bupati Hamim Pou, saat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 di Lapangan Kantor Bupati Bone Bolango, Jumat (24/2/2023) Foto Indra Prokopim

Pojok6.id () – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), , mengatakan, akan berupaya mengatasi rantai nilai pengolahan sampah menuju Zero Waste, Zero Emission Indonesia 2024.

Hal itu disampaikan Hamim Pou, dalam arahannya pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), tingkat Kabupaten Bone Bolango, yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati, Jumat (24/2/2023).

“Persoalan sampah tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah saja. Masyarakat harus ikut andil terhadap kebersihan lingkungan sekitar,” kata Hamim Pou.

Read More
banner 300x250

Olehnya, Bupati Hamim mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar semakin peduli dalam mengelola sampah dengan baik, yang dimulai dari rumah masing-masing.

“Dalam mengelola sampah ini kita bisa memilah sampah yang organik dan non organik sehingga bisa meringankan tugas pasukan kebersihan dalam mengumpulkan dan membawa sampah ke tempat pengolahan akhir,” ujar Hamim.

Orang nomor satu di Bone Bolango itu mengungkapkan, akhir tahun nanti Tempat Pengolahan Akhir (TPA) di Desa Lonuo, Kecamatan Tilongkabila sudah bisa difungsikan dan dimanfaatkan dengan baik.

“Insyaa Allah akhir tahun 2023 nanti, Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) di Desa Lonuo,  sudah bisa dimanfaatkan lagi, sehingga kita dapat mengatasi masalah sampah kedepan dengan baik,” ungkap Hamim.

Hamim juga menambahkan, ingin bank sampah yang sebelumnya sudah tidak aktif untuk diaktifkan kembali, guna mengurangi volume sampah di Bone Bolango, sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat.

Pada peringatan HPSN tahun 2023 tingkat Kabupaten Bone Bolango tersebut, juga digelar gowes bersama yang dirangkaikan dengan aksi pengumpulan sampah oleh para (ASN). (adv)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60