Pemkab Gorut Terus Lakukan Upaya Genjot Produktivitas Pertanian

Produktivitas Pertanian
Pelatihan pengoperasian alat mesin pertanian Combine Harvester Kabupaten Gorontalo Utara. (Foto; Dinas TPHP Gorontalo Utara)

Pojok6.id (Gorut) – Pemerintah Kabupaten terus melakukan upaya edukasi, pengoperasian alat mesin panen Combine, khususnya Combine Alsintan Brigade, bagi masyarakat sawah/padi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Gorontalo Utara, melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Novicawati Sujito mengatakan, dirinya bersama tim memberikan demonstrasi alat mesin pertanian Combine di Kecamatan Kwandang beberapa waktu lalu.

Hal tersebut dilakukan, kata Novi, tidak lain untuk membantu masyarakat Gorontalo Utara, dalam meningkatkan sawah/padi, baik dari sisi efektivitas, hemat biaya dan lain sebagainya.

Read More
banner 300x250

“Dengan adanya bantuan Combine ini melalui dana DAK, dapat sedikit menyelesaikan permasalahan petani saat melakukan panen. Selama ini, masyarakat disetiap kecamatan itu sudah menggunakan alat panen Combine ini,” ungkap Novi diruangannya, Jumat (12/8/2022).

Novi juga menambahkan, dengan kebiasaan masyarakat yang sudah menggunakan Combine dalam aktivitas setiap panennya, masihlah terasa kurang, disebabkan beberapa alat mesin panen Combine dalam keadaan rusak.

“Dari jumlah alat combine yang ada dimasyarakat, sebagian masih dalam keadaan rusak (dimakan usia). Sementara potensi sawah yang ada di gorut ada sekitar 5000-an hektar. Taruhlah 4.500 hektar yang tertanam, masih sangatlah membutuhkan yang namanya Combine,” tukasnya.

Terakhir, kata Novi, dengan adanya bantuan 2 alat mesin panen combine alsintan brigade, Insya Allah dapat sedikit membantu masyarakat petani dalam melakukan panen. (Adv)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60