Hari Kesehatan Nasional ke-59, Merlan Ungkap Enam Pilar Utama Transformasi Kesehatan

Plt Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli saat foto bersama pada upacara peringatan hari kesehatan ke-59, di Lapangan Kantor Bupati Bone Bolango, Senin (13/11/2023) Foto Istimewa
banner 468x60

Pojok6.id () – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, merayakan Hari Kesehatan Nasional yang ke-59 dengan tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”, di Lapangan Kantor Bupati Bone Bolango, Senin (13/11/2023).

Dalam sambutannya, Merlan menyampaikan tujuan peringatan ini sebagai momentum, untuk membangun kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya kesehatan.

Read More
banner 300x250

“Kemenkes RI menetapkan enam pilar utama sebagai fondasi transformasi sistem kesehatan di Indonesia. Pilar pertama fokus pada integrasi dan revitalisasi layanan primer, termasuk standar jaringan, layanan, dan digitalisasi sistem pelaporan, dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan dari Puskesmas hingga tingkat desa,” jelasnya

Selanjutnya, Merlan mengungkapkn Pilar kedua menekankan pada transformasi layanan rujukan, dengan maksud mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Sementara pilar ketiga menyoroti transformasi sistem ketahanan kesehatan, termasuk percepatan ketahanan farmasi dan alat kesehatan, agar produk obat, vaksin, dan alat kesehatan dapat diproduksi dan dimanfaatkan secara lokal,” tambahnya

Lanjut Merlan, transformasi pembiayaan kesehatan menjadi fokus pada pilar keempat, dengan tujuan memastikan pembiayaan yang cukup, adil, efektif, dan efisien.

“Pilar kelima berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM) kesehatan, menekankan peningkatan jumlah, pemerataan, dan peningkatan kualitas tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan berkualitas di seluruh wilayah,”

Terakhir, Ia mengatakan pilar keenam menyoroti transformasi teknologi kesehatan di Indonesia, menuju sistem kesehatan yang tangguh dan terintegrasi. (Adv)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60