Bimtek BPD Se – Kecamatan Mootilango, Sekda Roni: BPD Sebagai Wadah Aspirasi Masyarakat

Sekda Roni saat memberikan sambutan pada Bimtek BPD Mootilango. Foto Humas

Pojok6.id (Limboto) – Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir, mengatakan bahwa Badan Permusyawaratan Desa (BPD) memiliki peran strategis dalam mewujudkan pemerintahan desa yang lebih baik, juga sebagai wadah dan musyawarah mewakili aspirasi masyarakat.

Hal itu disampaikan Roni Sampir, saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) BPD se-Kecamatan Mootilango Tahun 2023 di Aula Kantor Camat Mootilango Selasa, (28/11/2023).

Bimtek tersebut, dilaksanakan selama empat hari dan diikuti sebanyak 74 peserta yang terdiri dari Ketua dan Anggota BPD se-Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo.

Read More
banner 300x250

“Oleh karena itu, bimtek ini sangat penting untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada anggota BPD, agar mereka bisa menjalankan tugas dengan baik dan profesional,” kata Sekda Roni.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, melalui bimtek tersebut para anggota BPD dapat meningkatkan pemahaman peran dan fungsi hukum, regulasi, mekanisme kerja, demokrasi di tingkat desa.

“Bagi Anggota BPD diharapkan menjadi agen perubahan yang mampu menjembatani kebutuhan masyarakat, dengan kebijakan pemerintah maka pembangunan desa berjalan lebih efektif dan kesinambungan,” lanjutnya.

Betapa pentingnya peran Ketua dan Anggota BPD memahami tupoksi, bukan hanya perwakilan masyarakat di tingkat desa, tetapi sebagai moto penggerak dan pembangunan dalam mengsejaterahkan masyarakat.

“Setiap peserta para Ketua dan Anggota BPD memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menambah informasi  dan pemahaman yang mendalam sebagaimana tupoksi masing-masing dari para narasumber,” ungkapnya.

Selain itu, Ia mengimbau bagi peserta yang mengikuti bimtek ini untuk aktif bertanya, berdiskusi dan berbagai pengalaman agar pengetahuan yang di dapat akan maksimal dalam mendukung pengembangan desa.

“Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan apresiasi kepada seluruh pihak yang menyelenggarakan bimtek tersebut. Untuk menjaga kebersamaan serta bersinergi dalam mewujudkan desa lebih baik, adil dan sejahtera,” pungkasnya. (Adv)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60

Related posts

banner 468x60