Wabah Corona, Rektor UNG : Dosen dan Tenaga Kependidikan Silakan Kerja di Rumah

Rektor UNG, Eduart Wolok (Foto:Arlank)

–  Universitas Negeri Gorontalo akhirnya mengeluarkan instruksi kepada para dosen dan tenaga kependidikan untuk bekerja di rumah. Hal itu untuk menyikapi wabah virus corona (covid-19). Instruksi itu resmi ditandatangi langsung oleh Rektor UNG, Eduart Wolok, Minggu, (15/03/2020).

Berikut 11 intruksi Rektor UNG :

  1. Dosen dan tenaga kependidikan bekerja dari rumah masing masing.
  2. Pengisian daftar hadir dilakukan secara online melalui aplikasi Presensi dan aktivitas (Presitas), yang dapat diakses dari rumah masing masing. Aplikasi ini bisa di donwload di : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.ac.ung.absen
  3. Dosen dengan tugas tambahan dan tenaga kependidikan jika terpaksa dikarenakan sifat pekerjaan yang urgent dapat bekerja dikampus dan harus berkoordinasi dengan pimpinan unit masing masing dengan tetap mengikuti ketentuan protokoler pencegahan covid-19.
  4. Pelaksanaan kegiatan akademik di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo terutama perkuliahan dialihkan sepenuhnya dalam bentuk daring (online), dan pelaksanaannya dilakukan di rumah masing masing.
  5. Untuk memudahkan monitoring, kuliah daring dilaksanakan menggunakan fasilitas e-learning pada Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT) melalui siat.ung.ac.id. Saat ini, jumlah kelas daring yang diaktifkan sebanyak 1923 kelas untuk 17.976 mahasiswa dan 872 dosen. Informasi lebih lanjut, silahkan ikuti panduan di : http://repository.ung.ac.id/kategori/show/manual aplikasi/18449/panduan-penggunaan-elearning-ung.html.
  6. Terkain edaran dari Plt. Dirjen DIKTI untuk sharing pembelajaran daring, semua materi di e-Learning SIAT UNG dapat di share oleh dosen ke publik. Hanya dengan mengklik tombol Moodle, maka materi yang ada di e-learning SIAT otomatis akan tampil ke kuliahdaring.ung.ac.id dan bisa diakses oleh masyarakat yang membutuhkan.
  7. Kuliah daring dengan aplikasi lain selain e-learning SIAT, dapat dilaksanakan dengan ketentuan pokok bahasan dan kehadiran diinput ke SIAT.
  8. Dosen diharapkan menginput beban kerja dengan mengupdate kinerja dan aktifitas melalui aplikasi melalu online yang menjadi landasan dalam perhitungan Beban Kerja Dosen dan Kinerja Renumerasi. Aplikasi ini bisa diakses melalui internet yang akan menghasilkan Manajemen Data E-Renumerasi Dosen. Aplikasi ini bisa diakses melalui http://erenumerasi.ung.ac.id
  9. Tenaga kependidikan diharapkan melakukan update pekerjaan melalui aplikasi Presitas (Presesnsi dan Aktivitas). Sebelum mengupdate pekerjaan, setiap tenaga kependidikan menginput data SKP Online dan diajukan ke atasan langsung. Selanjutnya, atasan langsung meneliti, mengoreksi dan menyetujui usulan SKP Online. Pegawai menginput kegiatan harian sesuai aktivitasnya dan jam pelaksanaan pekerjaan. Atasan langsung memvalidasi inputan pekerjaan pegawai. Outputnya nanti akan terlihat pada laporan kinerja pegawai. Panduan teknis bisa dilihat melalui https://www.youtube.com/watch?v= 3sDROqv3PI.
  10. Untuk mendukung layanan digital Universitas Negeri Gorontalo, diminta agar setiap unit kerja mengoptimalkan fitur manajemen Surat yang tersedia pada Sitem Informasi Tata Usaha (SITU) Universitas Negeri Gorontalo. Untuk teknis pelaksanaannya diminta agar setiap unit kerja berkoordinasi dengan UPT TIK dan bagian kepegawaian UNG. Video panduan penggunaan fitur manajemen surat UNG bisa dilihat di https://youtu.be/blfclowiVck.
  11. Diharapkan kepada BAKP untuk meningkatkan kapasitas server SIAT, dan UPT TIK mengawal penggunaan sistem informasi terkait.

Rektor UNG, Eduart Wolok mengungkapkan edaran ini berlaku sejak tanggal 23 Maret 2020 sampai tanggal 4 April 2020 dan akan dievaluasi dengan memperhatikan situasi dan kondisi terkini. (Adv-KT08)

Read More
banner 300x250

 

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60