Tingkatkan Komoditas Lokal, Bupati Gorontalo Terus Dorong Pembibitan Kelapa

Kunjungan Bupati Nelson Desa Dunggala, Kecamatan Batudaa. Foto Humas

Pojok6.id (Limboto)  – Bupati Gorontalo, , terus menempuh langkah-langkah dalam mengembangkan potensi komoditas kelapa di Gorontalo. Ia juga hendak mendorong program pembibitan kelapa.

Komitmen Bupati Nelson itu tampak dalam kunjungannya di Desa Dunggala, Kecamatan Batudaa, Rabu (13/12/2023).

“Pembibitan kelapa harus dilakukan dengan benar, agar menghasilkan kualitas unggul karena kualitas kelapa akan menentukan hasil produksi,”ucap Nelson

Read More
banner 300x250

Ia menyebut beberapa varietas kelapa unggulan yang tersebar di Gorontalo, antaranya Panua dari pohon induk Popayato di Kabupaten Pohuwato, Kramat dari pohon induk Mananggu Kabupaten Boalemo, dan Molowahu dari induk Tibawa Kabupaten Gorontalo.

“Semua varietas tersebut telah tersertifikasi secara nasional dan memiliki produktivitas tinggi,” ungkapnya

Nelson yang juga sebagai Ketua Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek) ini menyampaikan, menanam kelapa tidak hanya memberikan kontribusi ekonomi, tetapi juga memberikan dampak ekologis dan keindahan estetika.

Apalagi dikatakannya belum lama ini, Pemerintah Daerah  telah merayakan World Coconut Day, yang merupakan sebuah acara global untuk menghargai keragaman dan manfaat kelapa. Perayaan berskala internasional ini menjadi momen, untuk mendalami pemahaman tentang kelapa dari aspek ekonomi, ekologi, hingga keindahan yang dimilikinya.

“Dan untuk Di Desa Dunggala kelebihan bibit kelapa ini memiliki ciri khas berbunga relatif cepat, mulai berbuah sejak berusia lima hingga enam tahun,” pungkasnya.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60

Related posts

banner 468x60