Gorontalo Utara – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara melalui bagian Organisasi Tata Laksana (Ortala), menggelar Bimtek penyusunan standar pelayanan, survei kepuasaan dan forum konsultasi publik. Hal ini dilakukan untuk meraih indeks kepuasan publik dalam sistem pelayanan pemerintah.
Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Q, Rabu (31/10/2018), dibuka oleh Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, dan turut dihadiri OPD terkait pelayanan publik seperti, RS Zus, Diknas, Kominfo, Tapem, BKPP, pemberdayaan perempuan, Bagian hukum, Capil, Penanaman modal, dan Dinas kesehatan.
Saat memberikan arahan, Bupati Indra Yasin menyampaikan bahwa Bimtek ini sangat penting untuk diikuti agar dalam pelayanannya, tingkat kepuasan publik mampu diraih oleh pemerintah. Sehingga itu kegiatan ini perlu diperhatikan oleh OPD yang ikut dalam Bimtek ini.
“Menuju kepuasan masyarakat itu sangat penting dan dibutuhkan pemerintah. Jangan sampai kita bekerja, tapi kita tidak tahu apa tujuan dan sasaran kerja kita ini apa sudah maksimal kepada masyarakat, membuat rakyat puas, senang atau tidak. Maka harus ada standarnya dan ada ukurannya pula,” tukas Bupati.
Menurut Bupati, dalam melaksanakan pelayanan bagi masyarakat etika harus dikedepankan, pelayanan dengan senyum dan ramah, jujur, sopan dan yang paling penting adalah masyarakat puas dengan pelayanan yang diberikan.
“Sehingga masyarakat yang nanti keluar dari kantor kita, tidak cemberut mukanya, sebagai tanda dia puas,” papar Bupati.
Bupati juga meminta, melalui Bimtek yang dilaksanakan ini standar palayanan lebih dimaksimalkan, perlu ada skema atau pola dalam setiap mekanisme pelayanan, yang diberitahu ke masyarakat melalui pengumuman agar masyarakat merasa dituntun dalam mengurus segala sesuatu.
Turut hadir sebagai pemateri dalam kegiatan Bimtek kali ini, Erna Novianti Kabag pembinaan administrasi analisis kebijakan dan Naufal sabda Auliya, peneliti pusat kajian reformasi administrasi. Keduanya merupakan pejabat di Lembaga Administrasi Negara atau LAN-Jakarta. (rls/idj)