Tanggul Jebol Di Bumbulan Sebabkan Puluhan Rumah Terdampak Banjir

Salah satu rumah warga di Dusun I Desa Bumbulan Kecamatan Paguat yang terdampak banjir. (Foto: Zainal)

Pojok6.id () – Puluhan rumah warga di Dusun Satu, Desa Bumbulan, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato terdampak , setelah wilayah Kecamatan Dengilo diguyur hujan lebat. Warga setempat mengatakan, air meluap hingga ke rumah warga diakibatkan oleh tanggul bantaran sungai jebol.

“Ini sudah tiga kali banjir. Sudah ada yang datang mengambil foto, tapi belum ada perbaikan,” Kata salah satu warga, Muji, Minggu, (13/11/2022) malam.

Muji berujar, luapan air mulai merembes ke rumah-rumah warga sekitar pukul 19.00 Wita. Tanggul yang rusak tersebut berada tepat dibelakang rumah warga, sehingga rentan terdampak banjir. Menurut penuturannya, banjir yang di alami kini merupakan yang ketiga kalinya, sejak tanggul itu jebol.

Read More
banner 300x250

“Sudah tiga kali dengan hari ini,” Tambahnya.

Disebutkan juga kerusakan tanggul juga telah ditinjau oleh pemerintah, namun ia menyayangkan hingga kini belum ada perbaikan tanggul yang dilakukan pemerintah.

Terpantau dilapangan, luapan air tertinggi mencapai 20 centimeter, hingga pukul 21.40 Wita, beberapa rumah warga yang digenangi air terlihat mulai surut perlahan. Beberapa warga tampak mulai membersihkan lumpur, yang terbawa air di dalam rumah.

Sementara itu Kepala Desa Bumbulan, Emil Yahya menyampaikan, rumah warga yang terdampak banjir diperkirakan mencapai 60 rumah. Soal tanggul yang jebol, pihaknya mengatakan akan berupaya menyampaikan persoalan ini ke pemerintah daerah.

“Sekitar 50 sampai 60 rumah. Ini kewenangan pemerintah daerah dan provinsi. Kondisi ini akan dilaporkan lagi ke pemerintah daerah,” Kata Emil Yahya.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60

Related posts

banner 468x60