Tampilkan Produk dan Kreativitas Mahasiswa, Expo Manajemen Creovation FEB UNG Sukses Digelar

Kegiatan penutupan expo manajemen creovation bizfest 2023, yang ditutup secara resmi oleh WD II FEB UNG, Rizan Machmud didampingi para dosen dilingkungan FEB UNG. (Foto: Istimewa)

Pojok6.id (UNG) – Kegiatan Expo Manajemen Creovation BizFest Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UNG) angkatan 2023 sukses digelar.

Kegiatan yang berlangsung tiga hari dari tanggal 6 sampai 8 Mei 2025 itu, bertujuan untuk menjadi wadah pengembangan kreativitas, kewirausahaan, dan inovasi mahasiswa dalam menjawab tantangan lokal melalui produk yang aplikatif.

Wakil Dekan II FEB UNG, Rizan Machmud, mengungkapkan bahwa kegiatan expo ini sangat penting, sebagai bentuk implementasi pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang mendorong mahasiswa tidak hanya berpikir kritis, tetapi juga mampu mewujudkan ide menjadi produk nyata.

Read More
banner 300x250

“Expo seperti ini menjadi momentum penting bagi mahasiswa untuk belajar menciptakan produk, berinovasi, mempresentasikan karya dan membangun jejaring,” ungkap Rizan saat memberikan sambutan sekaligus menutup dengan resmi Expo Manajemen Creovation, pada Kamis (8/5/2025).

Sementara itu, salah satu mahasiswa dari tim peraih nominasi, Purwati, menyampaikan rasa syukur dan bahagia, karena produk buatan timnya yakni “Stik Kangkung” yang dibimbing langsung oleh dosen, Ramlan Amir itu, bisa mendapatkan nominasi sebagai produk terbaik.

“Alhamdulillah, terima kasih. Kami juga sangat senang, tidak nyangka ya untuk kangkung stik ini. Awalnya coba-coba, kemudian kami melihat permasalahan dari daerah Gorontalo yang banyak sekali kangkung, tapi kurang untuk memaksimalkan sumber daya tersebut. Jadi kami mengambil produk itu untuk dapat mengurangi pemborosan dari sumber daya alam yang tidak digunakan dengan baik,” jelasnya.

Menurutnya, produk ini berangkat dari kepekaan terhadap potensi lokal, yang selama ini belum dimaksimalkan. Melalui proses kreatif dan eksperimen, timnya berhasil mengolah kangkung menjadi camilan yang digemari banyak orang. Olehnya ia menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, termasuk para dosen dan teman-teman mahasiswa lainnya.

“Harapan kami setelah expo ini kami tetap ingin melanjutkan produksi kami, karena memang banyak sekali yang minat, khususnya di varian rasa pedas daun jeruk. Bahkan teman-teman ada yang ingin pre-order besok dan seterusnya. Jadi kami melihat konsumen masih pengen terus-terusan, dan insyaAllah bisnis ini akan terus berlanjut,” tukasnya.

Diketahui setelah produk terbaik pertama diraih oleh produk “Stik Kangkung”, kemudian Juara II diraih oleh tim HERGOVIBES bimbingan dari Mohamad Agus Salim Monoarfa, serta Juara III diraih oleh tim Rice Bowl Tempora Biji Labu, bimbingan dari Lanto Miriatin Amali.

Selain juara nominasi tersebut, terdapat beberapa penghargaan lainnya untuk stand dan produk unggulan mahasiswa, diantaranya :

Nominasi Stand Terbaik :

– Stand Terheboh: Stand 15, dibimbing oleh Rizan Mahmud dan Robiyati Podungge.

– Stand Teramai: Stand 12, dibimbing oleh Ramlan Amir Isa dan Eka Safitri Apriliani Isa.

– Stand Tersolid: Stand 9, dibimbing oleh Mohamad Agusalim Monoarfa dan Hapsawati Taan.

– Stand Terbersih: Stand 11, dibimbing oleh Raflin Hinelo dan Syamsul B. Biki.

– Stand Terunik: Stand 13, dibimbing oleh Rezkiawan Tantawi dan Umin Kango.

Nominasi Produk Unggulan :

– Produk dengan Penjualan Tertinggi: Kelas G, dengan total 112 produk terjual.

– Produk Terfavorit: Startup “About Foodie” dari Kelas AB, dibimbing oleh Bapak Syamsul B. Biki.

Dengan berakhirnya Expo Manajemen, diharapkan semangat dan kreativitas para mahasiswa diharapkan dapat terus berkembang, tidak hanya dalam bentuk ide, tapi juga dalam implementasi nyata yang memberi manfaat bagi masyarakat. (Adv)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60