Suharsi Igirisa: Suara Masyarakat Jadi Ukuran Pelayanan Publik

Pelayanan Publik
Calon Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa saat tampil pada debat publik yang digelar oleh KPU Pohuwato, Sabtu malam (21/11/2020).(Foto:Humas KPU Pohuwato)

– Calon Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa menekankan akan menyerap suara masyarakat untuk meningkatkan pelayanan publik dalam pemerintahan jika terpilih sebagai kepala daerah bersama calon Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga.

Hal itu dikatakan Suharsi, ketika memaparan program terkait kebijakan peningkatan pelayanan publik dalam debat calon Wakil Bupati Pohuwato yang digelar oleh KPU Pohuwato, Sabtu malam (21/11/2020)

Dirinya menjelaskan untuk meningkatkan pelayanan publik harus dimulai dari tahapan pemikiran, standar operasional prosedur dan evaluasi. Pada poin evaluasi ia menyebut dibutuhkan suara dari masyarakat untuk penilaian.

Read More
banner 300x250

“Harus diawali dengan mengubah pemikiran aparatur pemerintah dari tingkat kabupaten hingga desa, bahwa pemerintah itu sifatnya melayani bukan dilayani. Kemudian, tetapkan SOP atau sistemnya dan kemudian terpenting evaluasi dengan menyerap suara masyarakat secara berkala,”kata Suharsi.

Saat ini kata Suharsi, secara nasional pola pikir aparatur pemerintah sudah mulai  diubah mulai tingkat nasional, dari dilayani menjadi melayani. Namun, masih banyak yang belum tergerak untuk mengubah itu. Karenanya penting, di pemerintahannya nanti untuk para aparatur negara untuk lebih melayani masyarakat.

Untuk itu Suharsi menegaskan telah mempersiapkan SOP dalam pelayanan publik dengan mengacu sistem nasional, provinsi dan daerah yang sudah berlaku dengan item-tem tambahan peningkatan.

Monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan juga akan dilakukan. Sistem monitoring dan evaluasi ini menurutnya, harus dilakukan sesuai dengan kaidah yang diterapkan pemerintah secara nasional.

Tambahan terpenting Kata Suhasi, pada pemerintahan nanti, akan dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap program dan pelayanan yang telah diberikan pemerintah terhadap masyarakat. Hal ini menurutnya, akan menjadikan suara masyarakat sebagai bahan penilaian terhadap kinerja pemerintahan SMS nantinya.

“Secara sistem sudah dilakukan monitoring dan evaluasi yang diatur dalam aturan pemerintah. Nah penting bagi kita untuk mendengar suara masyarakat, karena masayrakat yang memilih kami, maka penting untuk mendengar suara masyarakat juga nantinya. Terkait apa yang sudah kami lakukan. Itu yang akan menjadi salah satu acuan dalam peningkatan pelayanan publik terus menerus selama lima tahun ke depan,” tutur Suharsi.

Mantan Ketua DPRD Pohuwato memastikan akan memberikan penghargaan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berprestasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Ada penghargaan juga, harus kita hargai aparatur yang sudah bekerja keras dan bekerja sama membangun pemerintahan bersama kami nanti. Termasuk yang mampu berjalan dengan kami melakukan inovasi seperti pemanfaatan IT dalam pelayanan publik nantinya,” pungkas Suharsi.(Nal)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60