Sigap Salurkan Bantuan Ke Sulteng, BNPB-RI Salut Pemda Gorut

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin saat berkunjung ke BNPB Pusat.

– Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara mendapat apresiasi langsung dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat, terkait kesigapan dalam membantu warga Sulawesi Tengah saat terkena musibah gempa bumi dan tsunami akhir bulan September lalu.

Apresiasi tersebut diungkapkan setelah Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin menceritakan kesiapan dan kesigapan daerah Gorontalo Utara, dalam penyaluran bantuan kepada warga Sulawesi Tengah saat berkunjung ke BNPB Pusat bersama jajaran BPBD Gorut.

“Sebagai tetangga terdekat yang berbatasan langsung dengan lokasi bencana, kami berupaya semaksimal mungkin dalam penyaluran bantuan ke Palu dibawah koordinasi instansi BPBD daerah dan Dinas Sosial. Dan itu sudah kami lakukan,” ungkap Indra Yasin dihadapan Direktur Peralatan BNPB, Rustian.

Read More
banner 300x250

Bahkan, lanjut Bupati, bukan hanya sekali tapi dalam beberapa tahapan Pemda Gorut terus mengirimkan bantuan setelah bantuan tahap pertama selesai didistribusikan. “Setelah bantuan tahap I tersalurkan, langsung ditindak lanjuti dengan bantuan tahap selanjutnya,” ujar Bupati.

Hal ini pun langsung menuai pujian dari pihak BNPB Pusat, bahwa perhatian Pemkab Gorut sebagai daerah terdekat tak luput dengan bencana Palu dan sekitarnya. Karena menurut mereka, hanya akses Gorontalo-lah yang bisa menembus Palu melalui jalur darat dan dekat dengan lokasi bencana. Dan Pemkab Gorut sebagai daerah tetangga di wilayah utara yang pertama kali langsung menyalurkan bantuan.

Deputi Peralatan BNPB Rustian salut akan perhatian pemerintah melalui kerja dan instruksi Bupati Indra, yang langsung mengerahkan instansi terkaitnya ke dareah bencana lewat bantuan relawan dan logistik yang dibutuhkan pasca Bencana.

Tentu ini diharapkan menjadi contoh dan panutan yang baik bagi daerah lainnya se-Indonesia, dalam hal penanganan tanggap bencana Nasional. (rls/idj)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60

Related posts

banner 468x60