Sambut Hari Pers Nasional, Hamka: Pers Harus Ditingkatkan Agar Menjadi Kebutuhan Masyarakat

Hari Pers Nasional
Penjagub Hamka saat diwawancarai oleh awak media (dokumentasi Kominfo)

Pojok6.id (Gorontalo) – Pers harus mampu memerankan fungsi-fungsinya secara maksimal di tengah dinamika masyarakat yang terus berubah. Fungsi pers antara lain sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial.

Hal ini disampaikan oleh Penjabat Gubernur Provinsi Gorontalo saat menyambut hangat Peringatan (HPN) yang dipusatkan di Medan, Sumatera Utara.

“Di tengah perkembangan media sosial yang pesat, dunia pers harus mampu menunjukkan perannya. Kedua media ini berbeda, di dunia pers ada kaidah dan etika yang harus dilaksanakan seperti Kode Etik Jurnalistik. Hal ini berbeda dengan media sosial,” kata Hamka Hendra Noer, Rabu (8/2/2023).

Read More
banner 300x250

Bagi Hamka Hendra Noer, dunia pers bukan dunia yang asing, orang tuanya adalah wartawan berpengalaman yang kenyang dengan pengalaman di lapangan. Hamka Hendra Noer mengaku dibesarkan oleh profesi wartawan yang disandang orang tuanya hingga ia meraih sukses seperti saat kini.

Hamka Hendra Noer menjelaskan jika pers Indonesia secara tegas mampu menunjukkan perannya dengan berpedoman pada kaidah jurnalitik maka dunia pers tetap menjadi rujukan dan dibutuhkan publik.

Menurutnya, ada 4 peran pers yang harus dikuatkan, antara lain pers harus mampu menjadi media informasi, sarana pendidikan, wahana hiburan dan sebagai kontrol sosial.

“Sebagai media informasi pers harus mampu menyuguhkan pemberitaan di semua bidang secara baik. Informasi ini sangat dibutuhkan masyarakat, termasuk menjadi bahan pertimbangan pengambilan keputusan,” ujar Hamka Hendra Noer.

Semua sendiri-sendi kehidupan yang berkaitan dengan manusia harus mampu diberitakan dalam sajian informasi yang menarik, tidak kaku dan mudah dipahami.

Pers juga berfungsi sebagai sarana pendidikan yang mampu menambah pengetahuan kepada masyarakat, liputan yang mendalam melalaui penyajian dokumentasi, wawancara para ahli yang berkompeten di bidangnya, hasil riset atau sumber lainnya dapat dijadikan materi pemberitaan. Informasi ini dapat menambah wawasan pengetahuan masyarakat.

Hamka Hendra Noer juga mengingatkan pers juga memiliki peran sebagai wahana hiburan. Masyarakat butuh ruang yang nyaman untuk menikmati hidup, pers harus mampu mengisi kebutuhan masyarakat ini dengan berbagai sajian hiburan yang menyenangkan.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah pers sebagai kontrol sosial yang juga dibutuhkan oleh masyarakat dan pemerintah,” ucap Hamka Hendra Noer.

Pengawasan pers dapat dilakukan melalui kritik yang konstruktif, koreksi dan saran yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat. Kontrol sosial ini harus diperankan secara baik dalam koridor aturan dan etika. Peran pers ini sangat dibutuhkan dalam membangun kekuatan bangsa.

“Semua peran pers ini dilakukan melalui tahapan kerja yang professional sehingga produknya dibutuhkan masyarakat dan pemerintah, ini berbeda dengan produk media sosial,” ujar Hamka Hendra Noer.

Hamka Hendra Noer berharap momentum Hari Pers Nasional ini dapat menjadi penyemangat para awak media dalam bekerja secara professional, berpedoman pada aturan perundang-undangan dan etika jurnalistik.  (adv)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60

Related posts

banner 468x60