Raih Prestasi Sebagai Desa Anti Korupsi, Bupati Gorontalo Apresiasi Desa Tabongo Timur

Penyerahan penghargaan Desa Tabongo Timur Sebagai Desa Antikorupsi . Foto Istimewa

Pojok6.id (Limboto) – Bupati Gorontalo, Nelson mengapresiasi Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, karena telah meraih penghargaan dari lembaga Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Republik Indonesia, dimana menjadi desa percontohan anti korupsi tingkat nasional dengan kategori Istimewa yang mengantongi nilai 91.

Kata Nelson, capaian itu dianggap tidak mudah karena harus memenuhi kriteria serta seleksi dari KPK itu sendiri.

“Prestasi ini menjadi kebanggaan kita semua karena dari 81 desa se Indonesia, Desa Tabongo Timur menjadi salah satu pemenang dengan kategori istimewa,” ungkap Nelson, Rabu,(29/11/2023).

Read More
banner 300x250

Karena sudah menjadi percontohan desa antikorupsi, maka diharapkan seluruh masyarakat ikut berpartisipasi. Bahkan dirinya terus mendukung upaya tersebut, agar menjadi contoh bagi desa lain di Kabupaten Gorontalo.

berharap melalui Indeks Desa Membangun (IDM) tidak sekedar melampaui target pembangunan saja, tetapi mendorong desa secara budaya, keagamaan termasuk bebas korupsi, dan saya mengucapkan selamat atas capaian yang diraih, semoga ini menjadi model dan icon untuk desa-desa lain di Kabupaten Gorontalo,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tabongo Timur, Hariyanto N Ismail, menambahkan sasaran penilaian untuk Provinsi Gorontalo ada 4 kabupaten di 5 desa dan Kabupaten Gorontalo diwakili Desa Tabongo Timur dan Desa Pilohayanga dan itu atas rekomendasi PMD Provinsi Gorontalo melalui Inspektorat.

“Setelah di adakan observasi untuk 5 desa, Tabongo Timur masuk Nominasi dari 22 desa Se Indonesia poinnya langsung di umumkan dengan perolehan 51 poin,” jelasnya.

“Sehingga dtetapkan mewakili Provinsi Gorontalo mengikuti Bimtek pada tanggal 6 Juli, dengan mengikusertakan keterwakilan beberapa lembaga baik perangkat desa BPD, LPM, PKK Kader/Sub PPKBD tokoh adat dan budaya, Kepemudaan Perempuan dengan total peserta bimtek sebanyak 70 orang,” tambah Hariyanto.

Dan untuk prestasi yang didapat tahun ini dalam lomba desa di tingkat kecamatan, kabupaten, ia menjelaskan Desa Tabongo timur terbaik 1 Tingkat Provinsi Gorontalo dan di tingkat Nasional terbaik IV kategori istimewa.

“Dengan prestasi itu, tahun ini Desa Tabongo Timur beroleh tambahan dana desa 174 juta dan mendapatkan dana hibah dari Kementrian Desa melalui Dirjen Pengembangan Ekonomi Investasi Desa sebesar 200 juta serta dana CSR dari Astra senilai 180 juta, kemudian pemberian penghargaan sebagai desa madani yang juga menjadi program Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo beroleh reward sebesar 25 juta,”pungkasnya. (Adv)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60

Related posts

banner 468x60