Brigadir Adam, Sosok Polisi Yang Juga Guru Mengaji

Brigadir Adam saat mengajari salah satu santrinya. Foto : Istimewa

– Selain bertugas sebagai penegak hukum, seorang anggota di Kecamatan Mananggu, Kabupaten Boalemo, Gorontalo, juga mendedikasikan ilmu agama yang ia miliki untuk mengajar mengaji pada anak anak yang ada di wilayahnya bertugas. Sosok polisi ini pun menjadi panutan warga dan anak anak yang diajarinya mengaji.

Ya, Brigadir Adam Ahmad namanya, yang saat ini bertugas sebagai salah satu anggota Babinkamtibmas Polsek Mananggu. Ditengah kesibukannya yang begitu padat, namun ia masih meluangkan waktunya untuk mengajar mengaji pada anak-anak yang ada di Kecamatan Mananggu, Kabupaten Boalemo, tempatnya bertugas.

Read More
banner 300x250

Untuk memberikan rasa aman, dirinya rela menjemput anak anak di rumah mereka masing masing, dan bersama sama menuju tempat pengajian. Para santri yang diajar oleh Brigadir Adam ini tidak ada satupun yang dipungut biaya.

Tak heran jika Sang Brigadir ini menjadi panutan bagi anak anak di Kecamatan Mananggu. Tak perlu tempat yang bagus, dirinya justru merasa nyaman mengajar anak anak mengaji di salah satu rumah panggung yang dijadikan tempat pengajian.

Suasana di tempat pengajian, saat Brigadir Adam mengajar. Foto : Istimewa

Para santri pun mengakui, sebelumnya mereka sama sekali tidak dapat membaca huruf Al-Quran, namun dengan adanya anggota polisi yang rela mengajarkan mereka mengaji saat ini mereka sudah dapat membaca huruf Al-Quran.

“Alhamdulillah, sejak diajarkan mengaji oleh pak polisi kami sekarang sudah bisa membaca huruf Al-Quran. Sebelumnya kami semua tidak ada yang bisa mengaji,” kata Refki, salah satu santri.

Brigadir Adam mengaku tak segan jika dia harus mengajak anak-anak usia dini untuk belajar mengaji, dengan cara menjemput ke rumah mereka. “Dengan menjemput dirumah mereka, saya bisa memberikan rasa aman kepada orang tua mereka masing masing,” kata Brigadir Adam.

Sejak didirikan satu tahun lalu, santri yang belajar di tempat pengajian ini terus bertambah dan kini telah berjumlah 50 orang santri. “Saya berharap kelak ilmu yang diberikan dapat berguna dan bermanfaat untuk semua anak-anak yang belajar disini,” lanjutnya.

Brigadir Adam merupakan satu dari sekian banyak polisi yang menjadi inspirasi bagi kita semua, selain peran utamanya sebagai penegak hukum. (mkg)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.