BPBD Pohuwato: Bencana Banjir Terjadi Sebab Hutan Rusak

Bencana Banjir
Kantor BPBD Pohuwato (foto: Dokumen pojok6.id)

Pojok6.id () – BPBD Pohuwato menyampaikan bahwa, belakangan ini kerap menimpa kawasan permukiman warga, setelah hujan turun di wilayah hulu atau pegunungan. Terbaru, banjir menimpa warga Desa Hulawa Kecamatan Buntulia.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pohuwato, Hasan Haluta mengatakan, ada kerusakan hutan di kawasan pegunungan, hingga tidak lagi menyerap air hujan. Kerusakan di wilayah hutan, tambah dia, menyebabkan peningkatan sedimentasi di daerah aliran sungai.

“Pertama adalah pendangkalan sungai akibat sedimen. Kedua dengan ulah oknum masyarakat yang merambah hutan, seyogyanya penopang air hujan namun sudah gundul. Sehingga berakibat terhadap masyarakat dibagian bawah,” Ujar Hasan Haluta, Jumat (25/11/2022).

Read More
banner 300x250

Hasan mengungkapkan, wilayah lain rentan adalah beberapa desa di Kecamatan Taluditi. Sedikitnya ada 3 desa menjadi langganan banjir di kecamatan tersebut.

“Di Taluditi juga setiap turun hujan sampai 3 desa, Tirto Asri, Mekar Jaya, PK 1, PK 2,” Imbuhnya.

Ia membeberkan, saat ini wilayah Pohuwato sedang musim penghujan ekstrim. Cuaca itu diperkirakan hingga bulan Desember. Kepada warga masyarakat, diharapkan mewaspadai cuaca tersebut.

“Informasi dari BMKG ini musim hujan ekstrim. Masyarakat dihimbau untuk waspada. Seperti di Desa Hulawa, hujan di perkampungan kecil, yang deras itu di pegunungan,” Ungkapnya.

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60