Bantuan Rastra Gorut Dialihkan Menjadi BPNT, Ini Penjelasan Bupati

Bupati Indra Yasin saat memberikan sambutan dalam acara sosialisasi bantuan Pangan Non Tunai (BMPT), Rabu (21/11). Foto : Dok.Humas

– Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), melalui Dinas Sosial menggelar Sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Rabu (21/11). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gerbang Emas Kantor Bupati Gorut tersebut, dalam rangka persiapan dan pemantapan bantuan pangan Beras Sejahtera (Rastra) yang beralih menjadi BPNT.

Saat memberikan sambutannya, Bupati mengatakan bahwa saat ini proses penyaluran bantuan Rastra akan beralih penerapan penyaluranya menjadi BPNT. “Untuk itu saya meminta kepada dinas terkait agar membantu pemerintah dalam menekan angka kemiskinan, dengan menyalurkan bantuan tersebut tepat sasaran,” kata Bupati.

Read More
banner 300x250

Menurutnya, ada dua cara menekan angka kemiskinan, yakni mengurangi beban masyarakat dengan cara pemberian bantuan, dan mencari pekerjaan untuk masyarakat denga cara mendukung investasi yang masuk kedaerah sehingga bisa menyerap tenaga kerja.

“Untuk mendukung penyaluran BPNT ini, harus berdasarkan data yang sesuai dan akurat. Seperti kriteria penerima bantuan adalah masyarakat yang masuk dalam daftar, dan memprioritaskan yang membutuhkan,” lanjutnya.

Bupati menghimbau kepada seluruh desa di Gorontalo Utara agar menyiapkan data masyarakat miskin yang valid, bukan orang yang sama menerima bantuan tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Ridwan Yasin, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Koordinasi Rastra mengatakan, program Rastra adalah program subsidi pangan yang bertujuan memberikan subsidi harga penjualan beras untuk masyarakat miskin.

“Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban yang secara signifikan bisa menurunkan angka kemiskinan,” pungkasnya. (rls/idj)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

Related posts

banner 468x60