Angkat Kearifan Lokal, Kelurahan Bugis Wakili Kota Gorontalo

Tim Penilai yang dipimpin Slamet Bakri bersama Sekda Kota Ismail Madjid dan rombongan saat tiba di Kantor Kelurahan Bugis, Jumat (20/7). Foto : Humas / Baim

Kota Gorontalo mewakili Kota Gorontalo dalam kelurahan di tingkat Provinsi, setelah sebelumnya berhasil meraih juara pertama dalam lomba yang sama di tingkat kecamatan se-Kota Gorontalo.

Setelah menjadi juara pertama dalam lomba kelurahan antar kecamatan se-Kota Gorontalo, akhirnya Kelurahan Bugis terpilih untuk menjadi wakil Kota Gorontalo dalam lomba kelurahan di tingkat Provinsi Gorontalo. Jumat (20/7/2018), tim penilai melakukan kunjungan lapangan ke Kelurahan Bugis, untuk menilai secara langsung dilapangan setelah sebelumnya disampaikan melalui pemaparan, yang menjadi tahap pertama penilaian.

Read More
banner 300x250
Tim penilai saat mewawancarai petugas kelurahan bugis, Jumat (20/7). Foto : iwandije

Saat diwawancara, Kepala Kelurahan Bugis Ibrahim Mahmud mengungkapkan, ini menjadi kali kedua Kelurahan Bugis mengikuti lomba kelurahan, setelah sebelumnya meraih peringkat 6 ditingkat nasional.

“Kami mengangkat kearifan lokal yang dikemas dalam 2 inovasi untuk dinilai dalam lomba ini. Yang pertama, kami membentuk kepengurusan rumah aman untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di sini. Yang kedua, kami membuat kelompok BESI atau Bentor Siaga, yang diperuntukan bagi masyarakat dalam keadaan darurat,” kata Ibrahim.

Kedua inovasi tersebut, lanjut Ibrahim, diangkat menjadi andalan, karena kearifan lokal masih terus terjaga di masyarakat Kelurahan Bugis.

Tim penilai saat mewawancarai petugas kelurahan bugis, Jumat (20/7). Foto : iwandije

Sementara itu, Camat Dumbo Raya Sumaryadi Tone saat dimintai tanggapannya mengungkapkan, ini merupakan apresiasi tertinggi bagi Kecamatan Dumbo Raya dan Kelurahan Bugis. “Karena sebelumnya di tahun 2009 Kelurahan Bugis pernah meraih peringkat 6 di tingkat nasional, dan kami berharap kali ini bisa lebih baik dari sebelumnya dan bisa menjadi juara nasional,” kata Sumaryadi.

Acara penilaian lapangan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Administrasi Kependudukan Catatan Sipil, Slamet Bakri, Sekda Kota Ismail Madjid, Anggota DPRD Zulkarnain Dunda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Junaidi Kyai Demak, Kepala Dinas Sosial Nikson Rahman, dan sejumlah OPD dilingkungan Pemda Kota Gorontalo. (idj)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.