Permudah Petani Mengambil Pupuk, Pemkab Gorontalo Siapkan Kartu Tani

Petani
Pemerintah Kabupaten Gorontalo saat menggelar Rapat Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) tingkat Kabupaten Gorontalo tahun 2021. Rabu(3/2/2021). (Foto :Tiwi)

LIMBOTO – Kabupaten Gorontalo akan segera mengeluarkan untuk mempermudah para petani dalam mengambil .

Hal itu terungkap dalam rapat Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) yang di laksanakan di aula Kantor Dinas Pertanian,Rabu (3/2/2021).

“Seperti yang kita tahu, Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) sudah tidak lagi manual, tapi sudah elektronik yang nantinya akan mengunakan kartu gesek. Ini yang sulit, kadang-kadang ada yang salah pada proses penginputan, mengingat Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang banyak”Urai Kabupaten Gorontalo, Hadijah U Tayeb.

Read More
banner 300x250

Ia menambahkan jika salah memasukan NIK maka akan sangat mempengaruhi petani ketika menebus pupuk  karena nama mereka tidak akan muncul bila proses penginputan data.

“Oleh karena itu, kita jalani dulu ini karena ini sudah menjadi aturan dari pemerintah pusat. Kalau ini banyak yang tidak menguntungkan petani, kita akan lakukan evaluasi, dan akan kita laporkan ke pemerintah pusat.” Jelasnya

Kepala Dinas Pertanian,Rahmat Pomalingo mengatakan kartu tani telah siap dan tinggal mengintegrasikan data RDKK yang ada di dinas pertanian yang berasal dari hasil inputan dari masing-masing kecamatan.

“Petani yang menerima kartu tani bukan hanya petani jagung, tetapi semua petani yang masuk dalam RDKK, dan untuk jumlah kartu tani ini berjumalah kurang lebih seratus dua ribuh.” Tutupnya.(Tiw)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60