Wagub Gorontalo Buka Kejuaraan Pencak Silat Rektor UMGo Cup

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (tengah), memukul alat musik tradisional Gorontalo, Polopalo, yang menandai dimulai Kejuaraan Pencak Silat Rektor UMGo Cup di Gedung David Bobihoe Akib, Kabupaten Gorontalo, Senin (9/9/2019). (Foto : Haris – Humas)

GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim membuka Kejuaraan Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo) Cup di gedung David Bobihoe Akib, Kampus UMGo, Senin (9/9/2019).

“Pencak silat adalah salah satu cabang olahraga bela diri yang merupakan warisan budaya bangsa Indonesia. Oleh karena itu kejuaraan ini selain bertujuan untuk mencari atlet yang memiliki potensi, juga sekaligus sebagai upaya untuk melestarikan silat sebagai budaya bangsa,” kata Wagub Idris Rahim.

Idris mengemukakan, potensi pencak silat di Provinsi Gorotalo cukup besar. Berdasarkan data dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Gorontalo, jumlah pesilat di Gorontalo mencapai 10.000 orang. Tetapi menurutnya, untuk membangun pencak silat sebagai salah satu cabang olahraga yang mampu mengharumkan nama Provinsi Gorontalo di kancah nasional maupun internasional tidaklah mudah.

Read More

“Jumlah pesilat yang cukup banyak itu harus didukung oleh sarana prasarana yang memadai, pembinaan yang kontinu, serta dukungan dari semua pihak untuk pendanaan pencak silat,” imbuhnya.

Lebih lanjut Idris berharap melalui kejuaraan pencak silat Rektor UMGo Cup akan lahir pesilat yang bisa berprestasi di tingkat nasional bahkan hingga internasional. Pada kesempatan itu Wagub mengapresiasi langkah Rektor UMGo yang menggelar kejuaraan pencak silat sebagai sarana untuk mengukur dan mengevaluasi program latihan yang dilaksanakan oleh masing-masing tim pencak silat.

“Kami bertekad pesilat yang akan mewakil Indonesia pada Sea Games ataupun Asian Games lahir dari kampus UMGo. Khusus untuk siswa SMA yang ikut pada kejuaraan ini langsung bisa menjadi mahasiswa UMGo tanpa melalui tes, dan untuk juara 1, 2, dan 3, akan kami berikan beasiswa berupa gratis beasiswa selama satu semester,” ungkap Rektor UMGo Isman Jusuf dalam sambutannya.

Kejuaraan Pencak Silat Rektor UMGo Cup yang diikuti oleh 286 pesilat dari 32 tim se Sulawesi, Maluku, dan Maluku Utara, akan berlangsung selama tiga hari, 9-11 September 2019. Peserta dibagi dalam lima kategori yaitu SD, SMP, SMA, Mahasiswa, dan umum. Hadir pada pembukaan itu Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo selaku Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Gorontalo bersama sejumlah pengurus dan tamu undangan lainnya. (adv)

Sumber: Humas

Related posts