Tiba di Gorontalo, Wamenaker RI Disambut Adat Mopotilolo

Pojok6.id (Gorontalo) – Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI Afriansyah Noor melakukan kunjungan kerja ke , Rabu (24/1/2024). Kedatangan perdananya ini disambut dengan .

Wamenaker bersama rombongan tiba pada pukul 09.00 Wita menggunakan pesawat Garuda. Kemudian, rombongan menuju ruang vip terminal bandara lama dan melangsungkan adat mopotilolo.

Kedatangan Afriansyah Noor disambut hangat oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya. Menerima atasannya tersebut, Penjagub Ismail didampingi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, dan unsur forkopimda.

Read More
banner 300x250

Mopotilolo atau upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat negara yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di Gorontalo, dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo). Diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo, prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional.

Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Menaker bersama rombongan selama berada di Gorontalo.

Kunjungan kerja Wamenaker ke Gorontalo sendiri akan berlangsung selama dua hari. Beberapa kunjungan yang terjadwal adalah peninjauan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Gorontalo di Kelurahan Tilihuwa Kecamatan Limboto, BLK Komunitas Al-Huda Kota Gorontalo, dan BLK Dutulana’a. (adv)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60

Related posts

banner 468x60