Rachmat Gobel : Kita Jadikan Gorontalo Sebagai Pusat Kuliner Ikan Tuna Dunia

Pojok6.id (Gorontalo) – Wakil Ketua mengajak seluruh masyarakat Gorontalo, untuk menjadikan wilayah Gorontalo sebagai pusat kuliner ikan tuna sedunia.

Hal itu disampaikan saat membuka Festival Kuliner Ikan Tuna, yang dilaksanakan di lapangan Ippot Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Jumat (2/9/2022).

“Mulai hari ini mari bersama-sama kita harus memancangkan tekad, agar dalam beberapa tahun kedepan wilayah Gorontalo itu dikenal sebagai pusat kuliner dan pusat ikan tuna di dunia,” Ungkapnya.

Read More
banner 300x250

Lebih lanjut ia mengungkapkan, festival yang digagas oleh ia sendiri itu merupakan bentuk apresiasi terhadap nelayan di Gorontalo, yang telah memberikan sumbangan ekonomi yang besar melalui ikan tuna kepada masyarakat Gorontalo.

“Alasan saya mengadakan festival ini merupakan bentuk terima kasih kepada nelayan serta merupakan wujud tekad untuk memakmurkan masyarakat Gorontalo,” ucapnya.

Dalam mewujudkan Gorontalo sebagai pusat pusat kuliner ikan tuna dunia, olehnya dirinya berpesan kepada masyarakat untuk menjadikan ikan tuna ini sebagai budaya, baik dari cara menangkap, memotong dan mengolahnya.

“Masyarakat harus membangun skill memotong ikan tuna, membangun skill memancing, membangun aneka ragam kuliner ikan sebagai keunggulan dari budaya kuliner orang Gorontalo, serta dapat membuat beragam festival di sepanjang tahun, terkait dengan ikan tuna,”

Adapun Festival Kuliner Ikan Tuna akan berlangsung  selama 3 hari, mulai 2-4 September 2022. Bagi pengunjung yang masuk, dikenakan tiket masuk Rp50 ribu dan bebas makan sepuasnya.

Kegiatan festival ini selain menyediakan aneka hidangan kuliner dari ikan tuna, juga diadakan lomba memakan ikan tuna, lomba memotong ikan tuna, lomba hasil tangkapan ikan tuna, dan pertunjukan memotong ikan tuna oleh ahli dari Jepang. (Adv)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60