KPU Provinsi Gorontalo Gelar Sekolah Literasi Pemberitaan Penyelenggaran Pemilu

Sekolah Literasi Pemberitaan
Anggota KPU RI, Idham Kholiq (tengah), saat memberikan sambutan pada kegiatan pembukaan Sekolah Literasi Pemberitaan Penyelenggaraan Pemilu, Minggu (6/11), di Ballroom Grand Q Hotel Kota Gorontalo. Foto: iwandije

Pojok6.id () – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo bersama Asosisasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar Penyelenggaraan Pemilu, Minggu (6/11/2022), di Ballroom Grand Q Hotel Kota Gorontalo.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Anggota KPU RI, Idham Kholiq, dan diikuti oleh pelajar, mahasiswam jurnalis, akademisi, Bawaslu, Kominfo Provinsi Gorontalo dan sejumlah organisasi terkait lainnya, dengan menghadirkan dua narasumber, yakni Ketua Verrianto Madjowa dan senior editor KLY, Nurfahmi Budiarto.

Ditemui usai kegiatan, Nurfahmi mengatakan, melalui kegiatan ini dirinya memberikan sejumlah tools dan juga diskusi bersama peserta terkait dengan cek fakta yang berkaitan dengan digital security, dan bagaimana menekan penyebaran berita bohong di media sosial.

Read More
banner 300x250

“Menjelang pelaksanaan Pemilu pasti akan banyak beredar gambar, foto maupun video di media sosial. Nah melalui kesempatan ini, saya memberikan sejumlah perangkat untuk menelusuri kebenaran informasi. Dan ini bisa dimanfaatkan oleh teman jurnalis dan juga pihak KPU dalam melakukan cek fakta,” kata Nurfahmi.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Nurfahmi, irinya juga berbagi pengetahuan dengan peserta, tentang bagaimana membuat konten video yang menarik.

“Intinya kami memberikan semacam panduan ke peserta, untuk membuat konten yang kreatif, menarik sehingga pesan tentang pelaksanaan Pemilu bisa sampai ke masyarakat dengan bagus,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua AMSI Gorontalo, Verrianto Madjowa, saat memberikan materi berharap melalui sekolah literasi pemberitaan penyelenggaraan Pemilu, aktivitas penyebarluasan informasi semakin baik.

“Utamanya oleh lembaga penyelenggara Pemilu. Baik dari sisi jumlah maupun kualitas informasi yang disampaikan,” ungkapnya.

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60