KPU Provinsi Gorontalo Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan Kampanye Bersama Peserta Pemilu

Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Kampanye Pemilu 2024 bersama Peserta Pemilu dan Stakeholder. (Foto: Ryan)

Pojok6.id () – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024 bersama peserta Pemilu dan Stakeholder, Jum’at (24/11/2023), bertempat di Hotel Citimall Gorontalo.

Anggota , Hendrik Imran, mengungkapkan bahwa tujuan rapat koordinasi adalah untuk menyampaikan terkait dengan hal-hal dan ketentuan, tentang pelaksanaan tahapan kampanye yang akan dimulai pada tanggal 28 November 2023 sampai dengan tanggal 10 Januari 2024 di Provinsi Gorontalo.

“Belajar dari pengalaman-pengalaman Pemilu sebelumnya, dalam pelaksanaan kampanye selalu ada saja problem-problem yang ditemukan, baik secara administrtif maupun secara praktek di lapangan. Oleh karena itu perlu kita duduk bersama untuk mendiskusikan, dan mencari titik temu dalam pelaksanaan tahapan kampanye ini,” ungkap Hendrik.

Read More
banner 300x250

Ia menjelaskan bahwa, untuk metode kampanye sendiri berdasarkan Pasal 26 ayat (1) PKPU Nomor 15 Tahun 2023, kampanye dapat dilakukan dengan pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, rapat umum, serta debat pasangan calon. Kampanye juga dapat dilakukan dengan penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK), melalui media sosial, iklan media massa cetak, media massa elektronik, dan media daring.

“Untuk kampanye rapat umum maupun penayangan iklan di media massa baru bisa dilaksanakan dari tanggal 21 Januari 2023 sampai tanggal 10 Februari 2024. Untuk media sosial sendiri, masing-masing peserta parpol, memiliki kesempatan untuk memasukkan 20 akun, baik Instagram, Facebook dan lain sebagainya, dan wajib melaporkannya kepada kami di KPU,” tegasnya.

Ia berharap, segala ketentuan tentang kampanye sebagaimana tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 ini, bisa dipahami dan dilaksanakan dengan baik oleh Partai politik (Parlpol) beserta calon Anggota legislatif (Aleg), serta calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

“Kami berharap pelaksanaan kampanye di Provinsi Gorontalo dapat berjalan lancar, aman, serta memberikan edukasi politik yang baik untuk masyarakat,” tandasnya.

Diketahui dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Kampanye Pemilu Tahun 2024, turut menghadirkan pemateri Direktur Intelkam Polda Gorontalo, Kombes Pol Hendri Tarigan, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Gorontalo, Rifli Katili, Komisioner KPU Provinsi Gorontalo, Opan Hamzah, serta dihadiri oleh para perwakilan Partai politik, Perwakilan calon anggota DPD, jajaran KPU kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo, dan para awak media massa.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60

Related posts

banner 468x60