Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo Gelar Peningkatan Kemahiran Berbahasa bagi Wartawan

Foto bersama usai pelaksanaan Peningkatan Kemahiran Berbahasa bagi Wartawan (Foto: Istimewa)

Pojok6.id (Gorontalo) – Dalam upaya meningkatkan kualitas berita dan kemahiran berbahasa bagi wartawan, Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo menggelar kegiatan Peningkatan Kemahiran Berbahasa bagi Wartawan.

Kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut, bertujuan untuk memperkuat pemahaman wartawan terhadap kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyusun berita.

Kegiatan ini juga menghadirkan sejumlah pembicara dari lingkungan akademis Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), antara lain Dr. Muslimin, dan Dr. Herman Didipu.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo, Ahmad Nawari, menegaskan pentingnya pemahaman terhadap aspek-aspek teknis dalam bahasa tulis.

“Ragam bahasa tulis itu berbeda dengan bahasa tutur. Kita harus memahami cara menyusun paragraf yang efektif, penempatan tanda koma dalam kalimat, cara menulis imbuhan dan sebagainya. Kemampuan ini perlu terus ditingkatkan khususnya kepada insan pers,” ujarnya, Rabu (8/5/2024).

Nawari juga menjelaskan, pentingnya peran wartawan sebagai garda terdepan, dalam menyosialisasikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Wartawan harus jadi yang terdepan menyosialisasikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam setiap tulisannya,” tambahnya.

Acara Peningkatan Kemahiran Berbahasa bagi Wartawan dilaksanakan seiring dengan peresmian Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo yang diresmikan oleh Sekda Provinsi Gorontalo Sofian Ibrahim. Peresmian ini menjadi momentum penting dalam menggalang dukungan untuk peningkatan kualitas bahasa Indonesia di kalangan wartawan dan masyarakat luas. (Adv)

Related posts