Desa Buladu Wakili Provinsi Gorontalo pada Lomba LBS Tingkat Nasional

Ketua TP PKK Gorut Reni Yasin Hiola beserta jajaran saat meninjau Desa Buladu, yang akan mewakili Provinsi Gorontalo dalam lomba LBS Tingkat Nasional tahun 2019. Foto : Dok.Humas

– Desa Buladu, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara terpilih untuk mewakili Provinsi Gorontalo dalam Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat di tingkat nasional tahun 2019.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Kabupaten Gorontalo Utara, Reni Yasin Hiola saat diwawancara awak media. Dimana untuk penilaiannya sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu, oleh tim penilai dari Provinsi Gorontalo.

“Penilaian LBS secara umum diikuti oleh 6 Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo, yang diwakili desa/kelurahan masing-masing. Desa-desa tersebut kemudian diikutsertakan dalam lomba LBS, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan,” kata Ketua PKK Gorut ini.

Read More
banner 300x250

Dari enam kabupaten tersebut diantaranya, Kabupaten Gorut termasuk Kabupaten yang mengikutinya untuk tingkat provinsi. “Dari hasil penilaian, Desa Buladu akhirnya terpilih yang akan mewakili Provinsi Gorontalo di tingkat nasional,” lanjutnya.

Untuk kriteria penilaiannya sendiri diantaranya, tentang rumah sehat, toilet yang bersih, pemanfaatan pekarangan rumah yang sudah 80 persen dimanfaatkan, pola makan yang sehat, saluran air yang bagus, penggunaan jamban sehat keluarga yang sudah 100 persen, Program Pola Hidup Bersih sehat (PHBS) serta Penilaian terkait dengan penyusunan Administrasi tentang lingkungan yang bersih di Desa Buladu dan kondisi lingkungan sekitar di desa.

“Hal ini dilakukan agar masyarakat memiliki pemahaman dan kesadaran dalam pola hidup yang bersih dan sehat. Selain melakukan penilaian LBS, tim juga memberikan masukan dan saran yang membangun serta inovasi baru untuk kemajuan desa Buladu agar lebih baik lagi nantinya,” ungkapnya.

Ketua TP PKK Gorut berharap, Desa Buladu mampu memberikan yang terbaik di tingkat nasional dan meraih juara. Terkait pelaksanaan lomba LBS tingkat nasional, pihak Pemda Gorut masih akan menunggu informasi kapan dan dimana Lomba LBS tingkat nasional dilaksanakan. (rls/idj)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60

Related posts

banner 468x60