Pojok6.id (Gorontalo) – Hadirnya aplikasi Mobile JKN telah terbukti memberikan dampak yang sangat baik bagi kemudahan layanan yang didapatkan oleh peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Ariansyah adalah salah satunya, dirinya yang merupakan peserta JKN asal Kota Gorontalo ini mencertikan bagaimana mudah dan cepatnya mengurus administrasi pelayanan melalui Aplikasi Mobile JKN.
“Saat ini mengurus administrasi BPJS Kesehatan semakin mudah dan cepat saat saya mulai menggunakan Aplikasi Mobile JKN,” ungkap Arian.
Lebih lanjut Arian menjelaskan untuk mengubah data seperti perpindahan fasilitas kesehatan milik anggota keluarganya, dirinya tidak perlu lagi harus meluangkan waktu pekerjaannya dengan mengambil cuti untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan. Saat ini Ardian hanya cukup mengubahnya melalui handphone genggamnya sehingga memangkas waktu sehingga cepat dan lebih mudah.
Selain itu menu unggulan pada Aplikasi Mobile JKN yang sudah dioptimalkan oleh Arian adalah menu antrean online, dirinya mengatakan Istrinya sudah pernah mencoba menu tersebut pada saat ingin melakukan akses layanan kesehatan di Klinik terdaftarnya. Saat itu Istrinya mengambil nomor antrean dari Aplikasi Mobile JKN hanya dari rumahnya saja, sambil menunggu nomor antreannya di Klinik sang Istri bisa sambil mengerjakan aktifitas lainnya.
“Contohnya lagi Istri saya pada saat ingin berobat di klinik, dia pakai antrean online di Aplikasi Mobile JKN. Jadi saat sudah dapat nomor antrean dan sambil menunggu nomor antrean itu bisa mengerjakan pekerjaan rumah dulu.” Lanjut Arian.
Dirinya juga menambahkan, Aplikasi Mobile JKN adalah aplikasi yang sangat bermanfaat dan wajib dimiliki oleh setiap peserta JKN. Selain kedua menu yang sudah pernah dimanfaatkan oleh Ardian, terdapat menu – menu lainnya yang tentunya juga sangat berguna seperti, informasi status keaktifan peserta, skrining Riwayat kesehatan, info ketersedian tempat tidur, dan juga menu pengaduan layanan JKN.
“Intinya sangat bermanfaat sekali Aplikasi Mobile JKN, banyak menu lainnya yang wajib dicoba oleh seluruh peserta JKN lainnya,” tambah Arian.
Diakhir pembicaraan Ardian berterima kasih atas adanya Aplikasi Mobile JKN yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan. Karena sudah merasakan sendiri bagaimana mudah dan cepatnya mengurus layanan JKN di Aplukasi Mobile JKN, dirinya akan turut mempromosikan manfaat aplikasi ini kepada rekan – rekan lainnya. (adv)