Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Tunjang Kesehatan Masyarakat, Dinas Peternakan Gorut Lakukan Pemeriksaan Hewan

GORONTALO UTARA – Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengonsumsi hewan ternak, Dinas Peternakan Gorontalo Utara juga melakukan pemeriksaan kesehatan hewan, di setiap penjualan daging hewan ternak yang beredar di pasaran.

Saat diwawancara, Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Gorontalo Utara, Lely Umi Wakhidah mengungkapkan, untuk menjamin mutu daging yang dikategorikan Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH), Dinas Peternakan lakukan pemeriksaan dengan berbagai uji kesehatan.

“Jadi karena permintaan stok daging yang melonjak, kami juga rutin memperketat pemeriksaan post mortem dan ante mortem, untuk menjamin kesehatan daging hewan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat, dan bebas dari penyakit,” ungkap Lely.

Lely juga menabahkan, bahwa sebelumnya mereka juga sering melakukan pengambilan sampel penyakit morfologi anthrax untuk dilakukan tes.

“Dan jika hasilnya negatif, maka hewan tersebut dinyatakan aman untuk disembelih dan di konsumsi,” kata Lely.

Dalam kesempatan itu, Lely juga mengatakan untuk lebih memastikan dan menjamin kesehatan serta kelayakan daging, dirinya dan team juga melakukan pengambilan sampel bebas boraks dan formalin.

“Kami dari dokter hewan dan paramedik juga melakukan tes pengambilan sampel bebas boraks dan formalin, agar masyarakat benar-benar aman mengonsumsinya,” tutup Lely. (Adv/suk)

Comments are closed.