Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Petani Bulotalangi Barat Kembangkan Padi Sehat Gunakan Pupuk Organik  

BONE BOLANGO – Dinas Pertanian dan Peternakan Bone Bolango mengapresiasi para petani di Desa Bulotalangi Barat, Kecamatan Bulango Timur, karena mengembangkan padi sehat dengan cara menggunakan pupuk organik.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Bone Bolango, Roswaty Agus, mengatakan bahwa program padi sehat  tersebut sudah 3 tahun ini dikelola oleh kelompok tani di desa itu.

“Budidaya padi sehat ini sudah 5 kali musim tanam oleh kelompok tani tekad makmir 1, sehingga kami ingin melihat bagaimana hasil produksi mereka dengan menggunakan pupuk organik,” kata Roswaty, Senin (26/4/2021).

Lebih lanjut, Roswaty menambahkan bahwa melihat kondisi fisik padi setelah menggunakan pupuk organik tersebut pertumbuhannya sangat baik.

“Sehingga produksi gabah yang dihasilkan juga telah mencapai target yang diinginkan,” katanya

Sementara itu, salah seorang petani, Naco Burudji, anggota kelompok tani Tekad Makmur 1 mengakui bahwa dengan menggunakan pupuk organik itu mereka dapat mengendalikan serangan OPT (organisme pengganggu tanaman).

“Alhamdulillah, berbeda dengan musim panen yang lalu. Kali ini hasil padi sangat baik karena penggunaan pupuk  pestisida kimia kami kurangi dan paling banyak hanya menggunakan bahan-bahan organik dalam budidaya,” imbuh Naco. (Adv/rls/jar)

Comments are closed.