Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Dikes Bone Bolango Upayakan Vaksinasi Tetap Berjalan di Bulan Ramadan

BONE BOLANGO – Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bone Bolango akan tetap mengupayakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di bulan ramadan jika tenaga kesehatan siap.

Rahayu Tulen, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dikes Bone Bolango, menyatakan bahwa vaksinasi tersebut semua tergantung kesanggupan dari tiap-tiap Puskesmas.

Dirinya mengakui ada beberapa pihak yang menyarankan agar tidak perlu melakukan vaksin di bulan ramadan.

“Cuma dari Kabupaten (pemerintah) itu menekankan, kalau pun mereka (puskesmas) mau melakukan vaksin di bulan puasa maka penyuntikan vaksin harus di bawah jam 10 pagi dan tidak boleh lewat dari itu,” kata Rahayu, Jumat (9/4/2021).

Alasannya, kata Rahyu agar orang yang nanti akan menerima dosis vaksin dalam kondisi stabil.

“Agar pas waktu disuntik itu sasaran yang divaksin dalam keadaan fit atau bagus, mengingat waktu kekosongan lambung kan sekira 6 sampai 8 jam itu diperhitungkan semenjak dia melakukan sahur,” kata dia

Ia juga mengatakan, berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia bahwa pelaksanaan vaksinasi di bulan ramadan tidak ada masalah.

“Saya rasa sudah ada fatwa dari MUI pusat kalau imunisasi vaksin di bulan Ramadan bisa, dan itu sudah disosialisasikan ke tingkat puskesmas. Kan vaksinasi ini kita upayakan secepat mungkin,” tandasnya.(Jar)

Comments are closed.