Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Masyarakat Bone Bolango Diminta Manfaatkan Tanaman Herbal untuk Pengobatan

BONE BOLANGO – Bupati Bone Bolango Hamim Pou, meminta kepada masyarakat memanfaatkan tanaman herbal dijadikan sebagai alternatif untuk mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini diutarakannya saat melaunching inovasi program yang dilakukan oleh Puskemas Toto Utara di Alun-Alun Bone Bolango, Selasa (30/3/2021).

“Saya kira inovasi yang dihasilkan oleh Puskesmas Toto Utara Kecamatan Tilongkabila sangat baik. Ada 11 inovasi dan saya yakin bahwa 11 inovasi itu bisa dijalankan dengan baik,” kata Hamim.

Dia mengungkapkan bahwa yang terpenting dalam inovasi ini adalah keberlanjutan dan pemanfaatan yang dihasilkan dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Olehnya itu, saya mengajak ayo kita kembali ke alam manfaatkan tanaman-tanaman yang ada disekitar kita sebagai pengobat atau pun pencegahan dari berbagai penyakit yang ada. Bahkan nenek moyang kita juga sudah menggunakan bahan-bahan alam yang ada di halaman rumah, kebun, dan di hutan ini sekitar ratusan tahun yang lalu,” ungkapnya

Menurut Hamim jika mengkonsumsi tanaman herbal menjadi budaya dan kebiasaan masyarkat maka pemerintah tidak kewalahan untuk membiayai orang-orang yang sakit.

“Jika kita terbiasa mengkonsumsi ramuan herbal ini saya yakin akan banyak penyakit yang bisa kita cegah atau hindari. Hanya saja karena sekarang kita ini maunya yang gampang dan instan saja, semuanya serba beli dan menggunakan zat-zat kimia ini yang membuat kita juga sangat tergantung. Uang kita yang terbatas itu banyak sekali digunakan untuk membeli yang sebenarnya tidak kita butuhkan,” tandasnya .(Adv/Jar)

Comments are closed.