Take a fresh look at your lifestyle.

Pandemi Covid-19, Dekan FIS UNG : Bagusnya KKS di Lakukan di Daerah Asal Mahasiswa

UNG – Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Zulaecha Ngiu menilai Kuliah Kerja Sibermas (KKS) bagi mahasiswa angkatan 2017 bagusnya di daerah masing -masing karena ada manfaatnya.

Penilaian itu menurutnya karena melihat kondisi wabah covid-19 yang belum usai. Pernyataan Zulaecha untuk menjawab adanya keinginan dari sejumlah mahasiswa yang masih ingin melakukan KKS di luar daerah.

“Mahasiswa ini sekarang ada di kampung-kampung ataupun di tempat tinggal mereka sekarang. berhubung Covid-19 mereka di rumahkan. Nah, bagusnya KKS di daerah masing-masing” Ujar Zulaecha Ngiu saat diwawancarai, Sabtu (20/06/2020).

Bagi mahasiswa untuk KKS didaerah asalnya kata Zulaecha nantinya pihak kampus akan mengeluarkan prosedur.

“Itu yang saya dengar dari arahan dari Rektor, supaya mereka tidak balik ke kampus. Misalnya ada mahasiswa yang berada di Paguat harus pergi ke Buol, tidak juga seperti itu karen sangat berbahaya di tengah pandemik” Ujar Zulaecha Ngiu.

Ia memastikan KKS tetap akan dilaksanakan oleh pihak kampus akan tetapi mahasiswa nantinya akan KKS di daerah asalnya.

“Kalau misalnya dia di Buol, yah dia KKS di kampung halamannya. Tinggal apa saja yang harus di lakukan, nanti itu akan di sampaikan dari pihak LP3M”

Ia pun tidak menampik KKS diluar daerah juga bagus untuk mahasiswa namun ditengah pandemi covid-19 hal itu bukan merupakan pilihan yang baik. Misalnya, mahasiswa itu berada di daerah yang belum terkonfirmasi covid-19, lalu kemudian melakukan kegiatan KKS di daerah yang terpapar covid-19, otomatis kesehatannya harus di perhatikan.

“Kita juga menjaga kesehatan dari mahasiswa kita, jangan kita dari daerah yang hijau terus datang KKS ke daerah yang terpapar akhirnya terjangkit dan pulang lagi ke daerah asal kita, bisa bahaya. Nah itu yang di khawatirkan oleh pak Rektor” Ungkapnya.

Zualecha juga mengatakan bahwa para dekandan pimpinan tinggi UNG telah setuju dengan adanya peraturan KKS kali ini di daerah masing-masing.

“KKS di daerah masing-masing bagus sekali, bukan karena melihat dari dana. Tetapi bagaimana melihat dari segi kesehatannya mahasiswa itu sendiri. Dan kita harus menjaga kesehatan.” Ujar Zulaecha Ngiu.

Ia berharap mahasiswa dapat membantu daerah masing masing dapat menata daerahnya sesuai dengan program yang nantinya akan di berikan oleh kampus.(Adv-KT08)

Comments are closed.