Take a fresh look at your lifestyle.

Gubernur Gorontalo Segera Menambah Kamar di Hotel Damhil Bagi Tenaga Medis

GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memastikan akan menambah jumlah kamar di Hotel Damhil sebagai tempat menginap para tenaga medis yang bertugas menangani pasien covid-19.

Hal itu dikatakan Rusli Habibie saat mendengar curahan hati (curhat) , Sakinah, salah satu perawat di Rumah Sakit Aloe Saboe (RSAS) melalui video conference, Senin (20/4/2020).

Menurut Sakinah, jumlah kamar untuk 38 tenaga medis belum cukup karena terdapat 60 petugas medis karena terjadi peningkatan pasien.

“Rata-rata kami ditolak oleh keluarga (pulang ke rumah) kalau bisa kami dikarantina di hotel pak,” ucapnya.

Mendapati permintaan itu, Gubernur Rusli langsung mengiakan. Selain menambah kamar, ia meminta agar ditambah fasilitas kamar dan bus antar jemput tenaga medis yang dikarantina.

“Saya hari ini segera perintahkan siapkan kamar untuk para petugas kesehatan di Provinsi Gorontalo khususnya RSAS. Kami akan siapkan kendaraan antar jemput,” jawab Rusli.

Dilaporkan bahwa saat ini RSAS merawat 35 orang pasien berstatus ODP, PDP dan positif corona. Rinciannya empat pasien positif, 30 pasien PDP dan satu pasien ODP.

“Selamat nou wa. Sabar ya, salam buat keluarga. Walaupun semangat bertugas jangan lupa keluarga ya. Terima kasih atas tugas kalian untuk kemanusiaan,” ucap Rusli memberi semangat.

Selain dukungan moril, Pemprov Gorontalo juga sudah menyiapkan anggaran bagi tenaga medis. Petugas di perbatasan misalnya, diberi insentif Rp250.000 per hari selama bertugas.

Pun begitu bagi cleaning service, perawat dan dokter yang bertugas di rumah sakit rujukan yang menangani langsung pasien corona.

Insentif cleaning service dan tenaga medis di RSAS bervariasi bergantung profesi dan risiko yang dihadapi. Perawat diklasifikasi berdasarkan bersentuhan langsung atau tidak, dokter diklasifikasi berdasarkan spesialisasinya.(Adv)

Sumber : Humas Pemprov Gorontalo

 

Comments are closed.