Dinas Kesehatan Bonebol Imbau Masyarakat Waspadai DBD

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) dr. Meyrin Kadir. Foto : istimewa

Bone Bolango – Intensitas curah hujan yang cukup tinggi melanda wilayah Gorontalo dalam beberapa hari terakhir ini, membuat masyarakat harus waspada terhadap kesehatan serta menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Dimana pada musim penghujan seperti ini, populasi nyamuk yang berakibat demam berdarah sangat cepat, sehingga dibutuhkan langkah untuk pencegahan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) dr. Meyrin Kadir mengatakan, sekarang ini lagi musim hujan. Biasanya kalau musim hujan kita waspada terhadap Demam Berdarah Dengue (DBD). “Karena biasanya di musim hujan itu banyak tergenang air, disitulah nyamuk berkembangbiak dan meninggalkan jentik-jentiknya,” kata Meyrin.

Read More
banner 300x250

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan disekitarnya, dengan pola hidup bersih sehat (PHBS). “Dengan cara gerakan 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur,” lanjutnya.

Meyrin pun mengingatkan, terkait dengan bahaya dari DBD itu. Dimana jika kita sudah kena gigitan nyamuk, maka yang akan terjadi adalah demam berdarah. Demam berdarah ini sangat berbahaya sekali dan tidak mengenal usai, baik itu bayi yang baru lahir hingga orang tua.

“Jika tergigit oleh nyamuk penyebab demam berdarah, maka akan terjadi demam berdarah dan itu berbahaya sekali kalau tidak cepat tertangani,” ujarnya.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Bonebol mengimbau agar tetap menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. Mencegah lebih baik daripada mengobati, lingkungan yang bersih dan sehat merupakan dambaan semua orang. (rld/idj)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60