Pemkab Gorontalo Berencana Tanam Pohon Rumbia di Danau Limboto  

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo bersama Danrem 133 133/ Nani Wartabone Kolonel Czi. Arnold A.P Ritiauw saat melihat proses pengeringan mie laksa di industri laksa Cap Mutiara di Desa Tabongo Barat,Selasa (10/10/2019). (Foto : Ihyas)

– Bupati Gorontalo, berencana akan melakukan penanaman  pohon rumbia (pohon sagu) di sekitar . Penanaman itu sekaligus mewujudkan rencana agar menjadi salah satu wilayah penghasil tepung sagu.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat melihat industri laksa yang berada di Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo.

Menurut Nelson salah satu bahan baku pembuatan laksa adalah tepung sagu sementara pasokan sagu dan pembuat tepun sagu masih kurang didaerah itu.

Read More

“Setelah kami lihat, ini kita perlu didorong baik industrinya dan input bahan bakunya, nah bahan baku ini menjadi problem,” kata Nelson saat mengunjungi industri rumahan milik Helena Nurdin Nabito, Selasa (10/09/19).

Nelson mengungkapakn pihaknya akan mengidentifikasi tempat yang masih memiliki pohon rumbia yang akan terus dilestarikan. Sejauh ini ia menilai di pinggiran Danau Limboto cocok digunakan sebagai lokasi penanaman pohon rumbia.

“Tadi sudah berdiskusi dengan pak Danrem (Komandan Resort Militer 133/ Nani Wartabone Kolonel Czi. Arnold A.P Ritiauw) kita kolaborasi bagaimana menanam sagu di Danau Limboto yang saya kira begitu banyak luas lahannya yang kosong yang kita bisa tanam,” Kata  Nelson, yang juga usai melakukan peninjauan lahan pembangunan Kodim.

Selain untuk memenuhi kebutuhan tepung sagu, penanaman pohon rumbia bertujuan untuk melestarikan lingkungan dan menjadi lokasi pemijahan ikan didanau Limboto.

“Disisi lain itu menjadi zona pemijahan ikan, disitu ikan dapat menjadi rumah seperti ikan gabus, termasuk juga ikan otili (belut) yang dapat hidup di situ,” kata Nelson.(Adv-KT05)

Related posts