BPJS Kesehatan Komitmen Wujudkan Transformasi Mutu Layanan JKN Mudah, Cepat dan Setara

Kantor BPJS Cabang Gorontalo saat mengikuti Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan Tahun 2023, dan Launching Transformasi Mutu Layanan JKN secara daring. (Foto: Ryan)

Pojok6.id (Gorontalo) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melaksanakan Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan Tahun 2023, sekaligus Launching Transformasi Mutu Layanan JKN dengan tema “Kolaborasi dalam Transformasi Mutu Layanan yang Mudah, Cepat dan Setara kepada Peserta JKN”, Senin (2/10/2023).

Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan se-Indonesia Tahun 2023 itu, mengundang perhatian pemerintah dan pemangku kepentingan kesehatan dari seluruh penjuru negeri. Sekaligus menjadi ajang penting bagi penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dalam upaya meningkatkan mutu layanan kesehatan di Indonesia.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, mengungkapkan bahwa tahun 2023 menjadi momentum penting dalam perjalanan BPJS Kesehatan, untuk berfokus utama pada Transformasi Mutu Layanan. Sebab melalui transformasi ini, BPJS Kesehatan bertujuan untuk memberikan pelayanan yang mudah diakses, cepat pelayanannya, dan setara untuk setiap peserta JKN.

Read More

“Salah satu langkah nyata yang telah diambil BPJS Kesehatan adalah peningkatan akses layanan kesehatan bagi peserta JKN, terutama bagi masyarakat yang berada di Daerah Belum Tersedia Fasilitas Kesehatan yang Memenuhi Syarat (DBTFMS). Kerja sama dengan rumah sakit apung bergerak telah memberikan solusi, untuk memastikan bahwa masyarakat di daerah-daerah terpencil pun dapat merasakan manfaat layanan kesehatan yang memadai. Ini hanyalah salah satu  contoh dari upaya nyata BPJS Kesehatan, dalam memberikan pelayanan yang inklusif,” ungkap Ghufron dalam sambutannya.

Selain itu, dijelaskannya bahwa Transformasi Mutu Layanan juga mencakup upaya simplifikasi administrasi pelayanan. Dimana proses administratif yang lebih sederhana, seperti penggunaan KTP saat mengakses layanan kesehatan, tanpa perlu fotokopi berkas, alur layanan rujukan yang efisien, dan digitalisasi pelayanan dan pengklaiman. Kemudian percepatan penyelesaian pengaduan peserta melalui BPJS Siap Membantu (SATU) enjadi langkah proaktif dalam menjawab kebutuhan peserta JKN.

“Tingkat kepuasan peserta JKN telah mencapai 89,6 persen, yang menunjukkan bahwa inisiatif BPJS Kesehatan memberikan hasil yang positif. Hasil survei tersebut memvalidasi upaya berkelanjutan untuk memenuhi ekspektasi peserta dalam hal pelayanan kesehatan yang

berkualitas,” bebernya.

Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024, kata Ghufron Indonesia bertekad mencapai cakupan kepesertaan semesta Program JKN atau Universal Health Coverage (UHC) pada Tahun 2024. Maka untuk mencapai tujuan ini, kerja sama dengan pemerintah adalah sangat penting.

Olehnya masih kata Ghufron, melalui Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 telah memberikan dasar yang kuat untuk kerja sama yang lebih erat antara BPJS Kesehatan, Kementerian dan Lembaga, serta Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menyelenggarakan Program JKN dan memastikan perlindungan kesehatan bagi seluruh penduduk.

“Per 1 September 2023 cakupan kepesertaan JKN yang mencapai lebih dari 262,74 juta jiwa atau 94,60 persen dari total seluruh penduduk, yang merupakan bukti nyata dari upaya bersama untuk menghadirkan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Pemanfaatan layanan kesehatan yang signifikan oleh peserta JKN pada tahun 2022 dengan 502,8 juta kunjungan adalah pencapaian luar biasa. Ini mencerminkan kepercayaan yang semakin tinggi dari masyarakat Indonesia terhadap Program JKN,” imbuhnya.

Melalui kesempatan itu, tak lupa ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran manajemen fasilitas kesehatan dan semua pihak yang telah berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan Program JKN. Kolaborasi ini adalah tonggak keberhasilan dalam menghadirkan layanan kesehatan yang lebih baik untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Melalui kolaborasi BPJS Kesehatan bersama seluruh fasilitas kesehatan dan stakeholder terkait, siap membangun masa depan kesehatan Indonesia yang lebih cerah melalui pelayanan yang mudah, cepat, dan setara. Bersama kita ciptakan masyarakat Indonesia yang sejahtera dan berdaya saing,” tutup Ghufron.

Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan Tahun 2023, sekaligus Launching Transformasi Mutu Layanan JKN sendiri dilaksanakan secara daring maupun luring, dan diikuti juga oleh seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan se-Indonesia, termasuk Kantor BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo. (Adv)

Related posts