Pojok6.id (Gorontalo) – BPJS Kesehatan Gorontalo memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tetap mendapatkan layanan kesehatan selama libur Lebaran 2025. Berbagai langkah telah disiapkan, mulai dari layanan piket, akses digital, hingga posko kesehatan bagi pemudik.
Untuk memastikan kelancaran administrasi, BPJS Kesehatan membuka layanan piket di kantor cabang pada hari-hari tertentu selama libur Lebaran.
“Kami membuka layanan piket di kantor cabang pada tanggal 28 Maret, 2, 3, 4, dan 7 April 2025, dari pukul 08.00 hingga 12.00 WITA. Selain itu, layanan administrasi juga tetap bisa diakses melalui PANDAWA (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp), Mobile JKN, dan BPJS Care Center 165,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Gorontalo, Djamal Adriansyah, dalam Konferensi pers, Rabu (19/3/2025).
Selain layanan administrasi, BPJS Kesehatan juga memastikan akses pelayanan kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan mitra BPJS, baik dalam maupun luar domisili peserta.
“Peserta JKN tetap dapat berobat di fasilitas kesehatan mitra BPJS, bahkan jika sedang berada di luar daerah. Dalam keadaan darurat, rumah sakit wajib memberikan layanan tanpa perlu rujukan,” jelasnya.
Sebagai upaya memberikan kemudahan bagi pemudik, BPJS Kesehatan juga mendirikan Posko Mudik di berbagai titik strategis. Posko ini menyediakan informasi seputar kepesertaan JKN, serta layanan medis ringan bagi pemudik.
“Kami ingin memastikan peserta JKN tetap mendapatkan layanan kesehatan terbaik selama perjalanan mudik. Posko Mudik hadir untuk memberikan informasi dan bantuan medis kepada masyarakat yang membutuhkan,” tambah Djamal.
BPJS Kesehatan juga mengimbau peserta, untuk memastikan status kepesertaan mereka aktif, agar tidak mengalami kendala saat membutuhkan layanan.
“Kami mengingatkan peserta untuk memastikan kepesertaan JKN mereka tetap aktif. Jika ada tunggakan, pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai kanal yang tersedia, termasuk aplikasi Mobile JKN,” pungkasnya. (Adv)